Jurnal Penelitian, Pengembangan Pembelajaran dan Teknologi (JP3T)
Vol. 3 No. 2 (2025): Juni

Eksperimen Sederhana untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Sains Siswa Kelas Tinggi (Studi Kasus di Sekolah Dasar Negeri 064010 Medan)

Muhammad Fadly (Unknown)



Article Info

Publish Date
30 Jun 2025

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis efektivitas penggunaan metode eksperimen sederhana dalam meningkatkan pemahaman konsep sains pada siswa kelas tinggi (kelas 4-6) di SDN 064010 Medan. Pembelajaran sains di tingkat sekolah dasar seringkali dianggap sulit karena konsepnya yang abstrak. Metode eksperimen sederhana dinilai mampu membuat pembelajaran lebih konkret dan menarik. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan studi kasus, melibatkan 3 guru sains dan 15 siswa dari kelas 4, 5, dan 6. Data dikumpulkan melalui wawancara mendalam, observasi di kelas, dan analisis dokumen. Hasil penelitian menunjukkan bahwa metode eksperimen sederhana berperan signifikan dalam meningkatkan pemahaman siswa, menumbuhkan rasa ingin tahu, dan melatih keterampilan berpikir kritis. Siswa menjadi lebih aktif dan antusias dalam belajar saat mereka dapat melihat dan membuktikan sendiri konsep-konsep sains. Namun, ditemukan pula tantangan seperti keterbatasan alat dan bahan, waktu yang tidak mencukupi, dan kurangnya pelatihan bagi guru. Temuan ini menegaskan bahwa metode eksperimen adalah strategi yang powerful untuk pembelajaran sains yang efektif di sekolah dasar.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

jp3t

Publisher

Subject

Education Other

Description

Jurnal ini berisi artikel hasil pemikiran dan penelitian yang ditulis oleh para guru, dosen, pakar, ilmuwan, praktisi, dan pengkaji dalam semua disiplin ilmu yang berkaitan dengan ilmu pengetahuan dan teknologi ...