Journal of Education Research
Vol. 6 No. 4 (2025): in Progress

Analisis Dampak Kurikulum Merdeka terhadap Aspek Afektif Hasil Belajar Siswa SD Swasta Tiga Hati Kepenuhan Hulu

Sibuea, Yohana Debora (Unknown)
Rejeki, Rejeki (Unknown)



Article Info

Publish Date
15 Sep 2025

Abstract

Penelitian ini menganalisis dampak Kurikulum Merdeka terhadap aspek afektif hasil belajar siswa di SD Swasta Tiga Hati Kepenuhan Hulu, sebuah sekolah swasta pedesaan dengan keterbatasan infrastruktur. Tujuan penelitian adalah mengidentifikasi bagaimana pendekatan baru dalam kurikulum mendorong pembentukan karakter siswa melalui empati, tanggung jawab, dan kepercayaan diri. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif dengan teknik wawancara mendalam, observasi, dan dokumentasi. Hasilnya menunjukkan bahwa Kurikulum Merdeka meningkatkan partisipasi sosial dan kesadaran emosional siswa melalui pembelajaran berbasis proyek dan refleksi. Kurikulum ini memberikan ruang bagi siswa untuk mengekspresikan nilai secara otentik dan kontekstual. Penelitian ini menyimpulkan bahwa Kurikulum Merdeka efektif dalam memperkuat dimensi afektif dan relevan untuk diterapkan di sekolah swasta pedesaan. Temuan ini memberikan kontribusi penting terhadap pengembangan kurikulum berbasis karakter dan humanistik.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

jer

Publisher

Subject

Humanities Education Mathematics Social Sciences

Description

Journal of Education Research is a peer-refereed open-access journal which has been established for the dissemination of state of the art knowledge in the field of education. This Journal is published for time per year at March, June, September and December by Perkumpulan Pengelola Jurnal PAUD ...