Jurnal Pengabdian Inovasi Masyarakat Indonesia
Vol. 4 No. 2 (2025): Edisi Agustus

Penggunaan Metode Bermain Sambil Belajar dalam Meningkatkan Keterampilan Membaca dan Berhitung pada Anak SD di Desa Limbang Jaya II

Rahmayani, Dhea Fitri (Unknown)
Sujarwo, Sawi (Unknown)



Article Info

Publish Date
31 Aug 2025

Abstract

Pendidikan dasar memegang peranan penting dalam membentuk fondasi kemampuan kognitif, afektif, dan psikomotorik anak. Pada jenjang sekolah dasar, keterampilan membaca dan berhitung merupakan kemampuan mendasar yang menjadi prasyarat bagi penguasaan berbagai disiplin ilmu di jenjang pendidikan yang lebih tinggi. Metode yang digunakan yaitu bermain sambil belajar dengan pendekatan kualitatif deskriptif. Hasil pengabdian masyarakat mendapatkan bahwasannya metode bermain sambil belajar terbukti efektif dalam meningkatkan keterampilan membaca dan berhitung pada anak-anak sekolah dasar. Peningkatan keterampilan membaca ditunjukkan melalui kemampuan anak-anak membaca dengan lancar, memahami teks sederhana, dan meningkatkan kepercayaan diri dalam membaca. Sementara itu, peningkatan keterampilan berhitung terlihat dari kemampuan anak-anak memahami konsep angka, operasi matematika sederhana, serta penyelesaian soal dengan pendekatan yang kreatif. Selain itu, metode ini juga berhasil meningkatkan motivasi belajar anak-anak, yang terlihat dari antusiasme dan partisipasi aktif mereka selama program berlangsung.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

jippm

Publisher

Subject

Agriculture, Biological Sciences & Forestry Chemistry Education Social Sciences Other

Description

Jurnal Pengabdian Inovasi Masyarakat Indonesia (JPIMI) adalah jurnal peer-review yang diterbitkan oleh Program Studi Pendidikan Kimia, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Mataram. Jurnal ini memuat artikel hasil pengabdian kepada Masyarakat dan penerapan inovasi pendidikan, model atau ...