Scholaria: Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan
Vol 15 No 3 (2025)

Implementasi Prinsip The Seven Habits dalam Membina Karakter Siswa di SD Peradaban Serang

Nurul Aulia, Fadhila (Unknown)
Robiansyah, Firman (Unknown)
Suprianto, Oki (Unknown)



Article Info

Publish Date
25 Sep 2025

Abstract

Pendidikan karakter di Indonesia masih memiliki kualitas karakter yang belum baik, meskipun karakter memengaruhi semua aspek kehidupan. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui, menganalisis dan mendeskripsikan bagaimana prinsip-prinsip The Seven Habits digunakan untuk membina karakter siswa di SD Peradaban Serang. Studi ini dilakukan dengan pendekatan kualitatif dan studi kasus. Penelitian dilaksankan di SD Peradaban Serang, partisipannya yaitu kepala sekolah, wali kelas, dan siswa kelas 4-6. Analisis kualitatif model Miles dan Huberman digunakan untuk mengumpulkan data penelitian dari observasi, wawancara, studi dokumentasi, dan penyebaran kuesioner. Hasil penelitian menunjukkan bahwa menerapkan prinsip The Seven Habits dapat membina karakter siswa di SD Peradaban Serang. Penerapan prinsip tersebut dapat membina 17 nilai karakter siswa. Nilai karakter tersebut sebagai berikut: religius, tanggung jawab, mandiri, jujur, bersahabat dan komunikatif, ingin tahu, membaca, disiplin, peduli sosial, menghargai prestasi, semangat kebangsaan, kerja keras, damai, demokratis, dan kreatif. Hasilnya menunjukkan bahwa 94% siswa memberikan respon tepat, dan 6% siswa memberikan respon tidak tepat. Melalui langkah kebiasaan yang konsisten, penelitian ini dapat memberikan kontibusi baru dalam bidang pendidikan karakter.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

scholaria

Publisher

Subject

Education Social Sciences

Description

Scholaria: Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan is a double blind-peer-reviewed journal managed by Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD), Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) Universitas Kristen Satya Wacana (UKSW) Salatiga cooperates with the Himpunan Dosen Pendidikan Guru Sekolah ...