Pendidikan karakter di Indonesia masih memiliki kualitas karakter yang belum baik, meskipun karakter memengaruhi semua aspek kehidupan. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui, menganalisis dan mendeskripsikan bagaimana prinsip-prinsip The Seven Habits digunakan untuk membina karakter siswa di SD Peradaban Serang. Studi ini dilakukan dengan pendekatan kualitatif dan studi kasus. Penelitian dilaksankan di SD Peradaban Serang, partisipannya yaitu kepala sekolah, wali kelas, dan siswa kelas 4-6. Analisis kualitatif model Miles dan Huberman digunakan untuk mengumpulkan data penelitian dari observasi, wawancara, studi dokumentasi, dan penyebaran kuesioner. Hasil penelitian menunjukkan bahwa menerapkan prinsip The Seven Habits dapat membina karakter siswa di SD Peradaban Serang. Penerapan prinsip tersebut dapat membina 17 nilai karakter siswa. Nilai karakter tersebut sebagai berikut: religius, tanggung jawab, mandiri, jujur, bersahabat dan komunikatif, ingin tahu, membaca, disiplin, peduli sosial, menghargai prestasi, semangat kebangsaan, kerja keras, damai, demokratis, dan kreatif. Hasilnya menunjukkan bahwa 94% siswa memberikan respon tepat, dan 6% siswa memberikan respon tidak tepat. Melalui langkah kebiasaan yang konsisten, penelitian ini dapat memberikan kontibusi baru dalam bidang pendidikan karakter.
Copyrights © 2025