AbstrakAnaktunagrahitaadalahanak yang memilikiintelegensidibawah rata-rata dan disertaidenganketidakmampuandalamadaptasiperilaku yang munculdalammasa perkembangan. Sehinggamembutuhkansebuahmetodepengajaran yangsesuai. Penelitianinibertujuanuntukmengetahuibagaimanamenerapkan mediaflashcarddenganmetodebeyond center and circletimeuntukmenghafalhurufhijaiyah di SMPLB MuhamadiyahKertosono.  Penelitianinimenggunakanpenelitiankualitatif,denganmenggunakanteknikpengumpulan data wawancara, observasi, dandokumentasi. Sedangkananalisis data dilakukanmulaidarimereduksi data,penyajian data, dan menarikkesimpulan. Dari hasilpenelitianmenunjukkanbahwa, pengajaranmenggunakan mediaflascard dan metode BBCT memberikanhasil yang positif. Hal inidapatdilihat,anaktunagrahitakelas VII di SMPLB MuhamadiyahKertosonobisamembaca danmenghafalkanhurufhijaiyah. keterlibatan orangtuadalamteraphimerupakanfaktorpenting danmerupakanbagiandaripenentukeberhasilan programintervensidiniuntukanaktunagrahita,karenaanakmenghabiskansebagianbesarwaktunyadirumahdengan orang tua,tentuiniadalahkeuntunganbuat sang anakjika orang tuaterlatihatau minimalmemahamiteknik BBCT yang dikembangkan oleh pihaksekolah. Jika orangtuaikutterlibataktifdalammengoptimalkankecepatananakbelajar danpengembanganatauimplementasiketrampilanbaru dirumahtujuanpendidikanakanlebihtercapaisecaramaksimal.Kata kunci: Beyond Center and Circle Time, Tunagrahita, Flashcard, Hijaiyah.
Copyrights © 2019