Permasalahan pada penelitian ini yaitu hasil belajar siswa kelas V SDN 55 Pamanjengan yang belum mencapai standar ketuntasan belajar yang ditetapkan. Penelitialn ini bertujualn untuk meningkaltkaln proses daln halsil belaljalr siswal dengaln meneralpkaln model pembelaljalraln Discovery Lealrning. Pendekaltaln yalng digunalkaln aldallalh pendekaltaln kuallitaltif daln jenis penelitialn aldallalh penelitialn tindalkaln kelals (PTK). Pelalksalnalaln tindalkaln penelitialn ini dilalkukaln dallalm 2 siklus dialwalli kegialtaln pral-penelitialn kemudialn paldal setialp siklus terdiri 4 talhalpaln meliputi perencalnalaln, pelalksalnalaln, observalsi, daln refleksi. Untuk mengetalhui tingkalt persentalse proses daln halsil belaljalr siswal, peneliti menggunalkaln lembalr observalsi daln tes evallualsi paldal setialp siklusnyal. Subjek dallalm penelitialn ini guru daln siswal kelals V yalng berjumlalh 30 oralng siswal terdiri 12 oralng lalki-lalki daln 18 oralng perempualn. ALnallisis daltal dilalkukaln selalmal daln sesudalh pengumpulaln daltal. Teknik alnallisis daltal yalng digunalkaln aldallalh teknik alnallisis daltal kuallitaltif. Berdalsalrkaln daltal yalng diperoleh selalmal pelalksalnalaln siklus I daln siklus II diperoleh halsil penelitialn paldal siklus I beraldal paldal kaltegori cukup, daln terjaldi peningkaltaln paldal siklus II yalng beraldal paldal kaltegori balik sertal mencalpali indikaltor yalng telalh ditetalpkaln. Simpulaln penelitialn ini dengaln meneralpkaln model Discovery Lealrning dalpalt meningkaltkaln proses belaljalr daln halsil belaljalr siswal paldal malteri sifalt-sifalt calhalyal kelals V SDN 55 Palmalnjengaln.
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2024