Pinisi Journal Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Vol 4, No 2 (2024): Juli

Penerapan Model Discovery Learning Untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPA

Hakim, Lukmanul (Unknown)
Bastiana, Bastiana (Unknown)
Rahman, Selvia (Unknown)



Article Info

Publish Date
17 Jul 2024

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan peningkatan hasil belajar IPA memalui penerapan model discovery learning pada siswa kelas IV SD Inpres Pattallassang, Kabupaten Gowa. Subjek yang digunakan dalam penelitian ini sebanyak 28 orang siswa. Prosedur penilitian ini terdiri dari 4 tahap setiap siklusnya, yakni perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi, dan refleksi. Indikator hasil belajar pada penelitian ini berupa meningkatnya hasil belajar. Adapun pengumpulan datanya dilakukan dengan teknik observasi, tes, dan dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat peningkatan aktivitas siswa yaitu pada siklus I dengan hasil 58,7% mengalami peningkatan pada siklus II menjadi 70,7%. Terjadi peningkatan hasil belajar siswa dari siklus I diperoleh nilai rata-rata 61,14 dengan ketuntasan belajar 57,14%. Pada siklus II nilai rata-rata menjadi 82,57 dengan ketuntasan belajar 82,14%. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran discovery learning dapat meningkatkan hasil belajar IPA pada siswa kelas IV SD Inpres Pattallassang, Kabupaten Gowa.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

pjp

Publisher

Subject

Other

Description

Pembelajaran di PGSD maupun di Sekolah Dasar yang membahas tentang kurikulum, teknologi pembelajaran, manajemen sekolah, dan kebijakan pendidikan di sekolah ...