Pinisi Journal Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Vol 4, No 2 (2024): Juli

Penerapan Model Project Based Learning Untuk Meningkatkan Kreativitas Siswa Kelas VI Di SDI Tanakaraeng

Isna, Nur (Unknown)
Atjo, Syamsuryani Eka Putri (Unknown)
Israwati, Israwati (Unknown)



Article Info

Publish Date
17 Jul 2024

Abstract

Permasalahan yang melatar belakangi penelitian ini adalah rendahnya kreativitas siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan penerapan Model Project Based Learning untuk meningkatkan kreativitas siswa pada kelas VI SD Inpres Tanakaraeng, Kabupaten Gowa. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian kualitatif yaitu penelitian tindakan kelas. Fokus penelitian yatu penerapan model project based leaning dan pengingkatan kreativitas peserta didik. Subjek penelitian ini yaitu 1 guru kelas dan 15 peserta didik kelas VI. Rancangan tindakan dalam penelitian ini terdiri atas dua siklus yang masing masing siklus terdiri dari tahap perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui observasi, tes, dan dokumentasi. Data yang terkumpul dianalisis dengan menggunakan analisis kuantitatif dan kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan Model Project Based Learning oleh guru dan aktivitas peserta didik dalam pembelajaran berada pada kategori baik, untuk siklus I dan siklus II. Perkembangan keterampilan peserta didik peserta didik pada siklus I berada pada kategori cukup dan pada siklus II berada pada kategori baik. Jadi, kesimpulan dari penelitian ini adalah bahwa penerapan model Project Based Learning telah meningkatkan kreativitas peserta didik pada kelas VI SD Inpres Tanakaraeng, Kabupaten Gowa.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

pjp

Publisher

Subject

Other

Description

Pembelajaran di PGSD maupun di Sekolah Dasar yang membahas tentang kurikulum, teknologi pembelajaran, manajemen sekolah, dan kebijakan pendidikan di sekolah ...