Pinisi Journal Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Vol 4, No 2 (2024): Juli

Penerapan Pembelajaran Berdiferensiasi untuk Meningkatkan Literasi Numerasi Siswa Kelas III SDN 51 Sumarambu

Hikmah, Nurhikmah (Unknown)
Nurfaizah, Nurfaizah (Unknown)
LM, Agustina (Unknown)



Article Info

Publish Date
17 Jul 2024

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan literasi numerasi siswa sekolah dasar melalui penerapan pembelajaran berdiferensiasi. Penelitian Tindakan kelas adalah penelitian untuk memberikan solusi dari masalah yang dialami dalam kelas dengan menggunakan suatu Tindakan melalui beberapa siklus. Model penelitian yang digunakan adalah Model Kemmis dan Taggart. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas III SDN 51 Sumarambu. Penelitian ini dilaksanakan di SDN 51 Sumarambu. Rancangan penelitian tindakan yang akan dilaksanakan setiap siklusnya terdiri dari perencanaan, pelaksanaan , observasi/pengamatan dan refleksi. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, tes dan dokumentasi.  Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah melalui data kualitatif dan kuantitatif. Data kuantitatif diperoleh melalui tes hasil belajar, sedangkan data kualitatif diperoleh dari observasi. Setelah data diperoleh maka dilakukan analisis melalui proses reduksi data kemudian paparan data dan yang terakhir dilakukan penarikan kesimpulan. Hasil tes menunjukkan bahwa nilai rata-rata pra siklus yaitu 63,4, nilai rata-rata siklus I yaitu 68,4 dan nilai rata-rata siklus II yaitu 76,2. Hal ini membuktikan bahwa penerapan pembelajaran berdiferensiasi dapat meningkatkan literasi numerasi siswa kelas III SDN 51 Sumarambu. Keywords: Pembelajaran berdiferensiasi; literasi  numerasi dst.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

pjp

Publisher

Subject

Other

Description

Pembelajaran di PGSD maupun di Sekolah Dasar yang membahas tentang kurikulum, teknologi pembelajaran, manajemen sekolah, dan kebijakan pendidikan di sekolah ...