Pinisi Journal Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Vol 4, No 2 (2024): Juli

Meningkatkan Kemampuan Siswa dalam Menyelesaikan Soal Cerita FPB dan KPK Melalui Pendekatan Matematika Realistik di Kelas V SD

Murniati, Murniati (Unknown)
Rahman, Abdul (Unknown)
Syafruddin, Syafruddin (Unknown)



Article Info

Publish Date
17 Jul 2024

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan pemahaman siswa terhadap penyelesaian soal cerita tentang FPB dan KPK dengan mengggunakan pendekatan matematika realistik di sekolah dasar. Penelitian Tindakan Kelas adalah metode penelitian yang digunakan. Sebanyak 12 siswa kelas V SDN 280 Ongkoe mengikuti penelitian ini. Observasi, tes, wawancara, dan dokumentasi digunakan sebagai teknik dan proses pengumpulan data dalam penelitian. Dalam analisis data digunakan prosedur analisis data kualitatif, seperti (a) menyelidiki data; (b) penyajian data; (c) penarikan kesimpulan; dan (d) verifikasi data. Berdasarkan hasil penelitian, dengan menggunakan pendekatan matematika realistik dapat meningkatkan kemampuan siswa dalam menyelesaikan soal cerita tentang FPB dan KPK terbukti dengan persentase 75% dengan kualifikasi Baik (B) termasuk dalam kategori tidak tuntas pada Siklus 1, dan 91,67 % dengan kualifikasi sangat baik (SB) dalam kategori tuntas pada Siklus 2, sebagaimana ditunjukkan perbandingan siklus 1 dan siklus 2 serta indicator  keberhasilan dinyatakan bahawa pendekatan matematika realistik dapat meningkatkan pemahaman siswa terhadap penyelesaian soal cerita tentang FPB dan KPK dengan mengggunakan pendekatan matematika realistik di SDN 280 Ongkoe.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

pjp

Publisher

Subject

Other

Description

Pembelajaran di PGSD maupun di Sekolah Dasar yang membahas tentang kurikulum, teknologi pembelajaran, manajemen sekolah, dan kebijakan pendidikan di sekolah ...