Penelitian ini bertujuan untuk menguji dan menganalisis; 1) pengaruh self-efficacy terhadap kemandirian belajar siswa Madrasah Aliyah Swasta (MAS) Insan Kesuma Madani dalam menghadapi asesmen madrasah; 2) pengaruh motivasi berprestasi terhadap kemandirian belajar siswa Madrasah Aliyah Swasta (MAS) Insan Kesuma Madani dalam menghadapi asesmen madrasah; serta 3) pengaruh self-efficacy dan motivasi berprestasi terhadap kemandirian belajar siswa Madrasah Aliyah Swasta (MAS) Insan Kesuma Madani dalam menghadapi asesmen madrasah. Pendekatan penelitian menggunakan tipe kuantitatif dengan jenis survei. Pengumpulan data melalui penyebaran kuesioner kepada 104 siswa Madrasah Aliyah Swasta (MAS) Insan Kesuma Madani. Analisis data menggunakan regresi linear berganda. Hasil analisis data menunjukkan bahwa; 1) self-efficacy berpengaruh terhadap kemandirian belajar siswa Madrasah Aliyah Swasta (MAS) Insan Kesuma Madani; 2) motivasi berprestasi berpengaruh terhadap kemandirian belajar siswa Madrasah Aliyah Swasta (MAS) Insan Kesuma Madani; serta 3) self-efficacy dan motivasi berprestasi berpengaruh terhadap kemandirian belajar siswa Madrasah Aliyah Swasta (MAS) Insan Kesuma Madani. Kontribusi penelitian diketahui sebesar 19,5%, sedangkan 80,5% merupakan faktor yang tidak terkandung dalam penelitian ini.
Copyrights © 2025