Jurnal Media dan Komunikasi
Vol. 2 No. 2 (2025): Jurnal Media dan Komunikasi Edisi Mei

EFEKTIVITAS KAMPANYE SOSIAL MELALUI TIKTOK: STUDI KASUS KAMPANYE LINGKUNGAN

Perdana, Candra (Unknown)
Sulastri, Sulastri (Unknown)



Article Info

Publish Date
28 May 2025

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis efektivitas kampanye sosial mengenai isu lingkungan yang dilakukan melalui platform TikTok. Seiring dengan meningkatnya popularitas TikTok sebagai media berbasis video pendek, kampanye sosial berbasis digital menjadi strategi yang semakin relevan dalam meningkatkan kesadaran masyarakat. Metode penelitian yang digunakan adalah studi kasus dengan pendekatan kualitatif, melibatkan analisis konten dari kampanye lingkungan yang viral serta wawancara dengan pembuat konten dan audiens. Selain itu, data kuantitatif berupa jumlah tayangan, interaksi (like, komentar, dan berbagi), serta perubahan sikap pengguna dianalisis untuk mengukur dampak kampanye. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kampanye lingkungan di TikTok efektif dalam menjangkau audiens luas dalam waktu singkat, terutama melalui penggunaan tren, tantangan, dan narasi visual yang menarik. Interaksi yang tinggi dengan audiens, terutama melalui fitur komentar dan duet, berkontribusi pada penyebaran pesan secara organik. Namun, tantangan seperti keterbatasan durasi video dan potensi misinformasi juga ditemukan sebagai faktor yang memengaruhi efektivitas kampanye. Simpulan dari penelitian ini adalah bahwa TikTok dapat menjadi alat yang efektif untuk kampanye sosial lingkungan jika strategi komunikasi yang digunakan mampu menarik perhatian, mendorong partisipasi, dan memberikan informasi yang kredibel. Rekomendasi yang diberikan mencakup optimalisasi penggunaan algoritma TikTok, kolaborasi dengan kreator konten, serta penyusunan pesan kampanye yang berbasis pada fakta dan data ilmiah.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

mekas

Publisher

Subject

Chemistry Computer Science & IT Decision Sciences, Operations Research & Management Education Health Professions

Description

Jurnal Media dan Komunikasi (MEKAS) adalah jurnal ilmiah peer-review yang diterbitkan oleh Lembaga Dongan Dosen yang bergerak dibidang Publikasi, Penerbit Buku. Jurnal Media dan Komunikasi Jurnal Media dan Komunikasi (MEKAS) adalah jurnal interdisipliner yang, meskipun berpusat pada komunikasi, ...