As-Sulthan Journal of Education
Vol. 2 No. 1 (2025): Agustus

KONSEP PENDIDIKAN ISLAM DALAM PEMIKIRAN SYED NAQUIB AL ATTAS DAN ISMAIL RAJI AL FARUQI

fauzi, Indra (Unknown)



Article Info

Publish Date
01 Aug 2025

Abstract

Pendidikan Islam memainkan peran penting dalam membentuk individu yang seimbang secara intelektual, moral, dan spiritual. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis dan membandingkan pemikiran pendidikan dua cendekiawan Muslim terkemuka, Syed Naquib al-Attas dan Ismail Raji al-Faruqi, yang menawarkan gagasan yang berbeda namun saling melengkapi tentang pendidikan Islam. Al-Attas menekankan sentralitas adab (etika dan perilaku yang baik) sebagai fondasi pendidikan, dengan fokus pada pembentukan karakter moral dan spiritual. Sebaliknya, al-Faruqi memusatkan paradigma pendidikannya pada tauhid (keesaan Tuhan), menganjurkan integrasi ilmu agama dan sekuler untuk membangun peradaban yang berlandaskan nilai-nilai Islam. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode riset kepustakaan, mengambil data dari karya-karya utama kedua cendekiawan tersebut, seperti Konsep Pendidikan dalam Islam (al-Attas) dan Islamisasi Ilmu Pengetahuan (al-Faruqi), serta literatur pendukung seperti jurnal dan buku ilmiah. Analisis ini menggunakan metode deskriptif-analitis untuk mengeksplorasi persamaan, perbedaan, dan relevansi gagasan mereka dengan tantangan pendidikan kontemporer. Temuan penelitian menunjukkan bahwa meskipun pendekatan mereka berbeda, kedua cendekiawan memiliki tujuan yang sama, yaitu menghilangkan dikotomi antara ilmu agama dan ilmu sekuler. Perspektif mereka menawarkan solusi konseptual terhadap tantangan yang dihadapi pendidikan Islam di dunia modern yang terglobalisasi.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

asje

Publisher

Subject

Education Social Sciences

Description

As Sulthan Journal of Education (ISSN 3063 8313) is a peer reviewed open access journal that publishes high quality research articles in the field of education. The journal operates under a double blind review process to ensure the integrity and rigor of the review process, with the aim of fostering ...