Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji representasi nilai-nilai kewirausahaan dalam buku ajar Bahasa Indonesia berbasis digital untuk kelas VIII SMP. Pendekatan yang digunakan adalah deskriptif kualitatif dengan metode analisis isi. Fokus analisis diarahkan pada enam indikator utama kewirausahaan, yaitu: kemandirian, kreativitas, keberanian mengambil risiko, kepemimpinan, orientasi pada hasil, dan etos kerja. Hasil penelitian menunjukkan bahwa nilai-nilai kewirausahaan tersebut tersebar secara merata dalam berbagai bab dan kegiatan pembelajaran. Nilai kemandirian dan kreativitas banyak ditemukan dalam tugas individu dan kegiatan produksi teks, sedangkan keberanian mengambil risiko dan kepemimpinan muncul dalam bentuk tugas penyampaian pendapat, diskusi, dan pidato. Orientasi pada hasil serta etos kerja tercermin dari aktivitas pembelajaran yang menekankan ketekunan, kedisiplinan, dan capaian tugas. Keseluruhan temuan mengindikasikan bahwa buku ajar ini tidak hanya berperan sebagai sarana penguatan kompetensi berbahasa, tetapi juga sebagai media penanaman karakter kewirausahaan. Penelitian ini merekomendasikan perlunya penguatan eksplisit terhadap nilai-nilai kewirausahaan dalam pengembangan bahan ajar berbasis kurikulum merdeka.
Copyrights © 2025