Penelitian ini dilatarbelakangi dari kurangnya kemampuan berpikir logis siswa kelas VII di SMPN 4 Rancah kabupaten Ciamis dan jarangnya guru membuat bahan ajar matematis yang sesuai dengan kebutuhan siswa. Sehingga, tujuan dilakukannya penelitian dan pengembangan ini adalah untuk mengetahui: (1) Proses pengembangan bahan ajar matematis berbasis Socrates question, (2) Validitas bahan ajar matematis berbasis Socrates question, (3) kemampuan berpikir logis siswa setelah menggunakan bahan ajar matematis berbasis Socrates question, dan (4) kelayakan bahan ajar matematis berbasis Socrates question. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dan metode Research and Development (RnD) dengan model pengembangan ADDIE (Analyze, Design, Development, Implementation, and Evaluation). Adapun hasil dari penelitian ini yaitu: (1) Proses pengembangan bahan ajar dilakukan sesuai dengan model pengembangan ADDIE, (2) Bahan ajar matematis berbasis Socrates question dinyatakan valid dengan kriteria sangat valid, (3) Kemampuan berpikir logis siswa mencapai kategori cukup, dan (4) Bahan ajar matematis berbasis Socrates question dinyatakan efektif dan layak untuk digunakan. Hasil pengembangan yang telah dilakukan berupa bahan ajar matematis berbasis Socrates question berbentuk buku.
Copyrights © 2024