Kualitas pendidikan di Indonesia masih perlu ditingkatkan, salah satu upayanya dengan melakukan evaluasi pada butirsoal dan lembar jawaban siswa. Sehingga penelitian ini bertujuan: (1) Mengklasifikasi lembar soal PAT berdasarkanTaksonomi Bloom; (2) Menghitung persentase pada butir soal dan jawaban benar berdasarkan Taksonomi Bloom; dan(3) Menganalisis butir soal PAT berdasarkan Rasch model berbantu aplikasi Winsteps. Penelitian ini merupakanpenelitian kualitatif dengan metode deskriftif. Data diperoleh melalui metode dokumentasi berupa 35 butir soal PATmata pelajaran matematika dan 277 lembar jawaban siswa kelas VIII tahun ajaran 2021/2022. Hasil penelitianmenunjukan bahwa: (1) terdapat 11 butir soal level kognitif rendah (LOTS), 16 butir soal level kognitif sedang (MOTS),dan 8 butir soal level kognitif tinggi (HOTS); (2) persentase butir soal menghasilkan 31% soal LOTS, 46% soal MOTS,dan 23% soal HOTS dengan banyaknya persentase jawaban benar pada butir soal adalah 51,5% pada soal LOTS, 42%siswa pada soal MOTS, dan 35% siswa pada soal HOTS; dan (2) hasil analisis menggunakan Rasch model diperoleh 31dari 35 soal sudah valid dengan 4 sisanya perlu dilakukan revisi, reliabilitasnya termasuk kategori cukup dengan nilaialpha 0,72, memiliki tingkat kesukaran soal yang cukup beragam, daya pembeda soal sudah baik, dan efektifitaspengecohnya telah 100% berfungsi.
Copyrights © 2024