Ketidakmampuan siswa saat pembelajaran matematika menjadi latar belakang dilakukannya penelitian ini. Mereka tidak mampu mengidentifikasi masalah dengan baik. Hal ini dapat terjadi karena siswa belum mampu memahami konsep secara menyeluruh. Dengan demikian, banyak siswa menjadi kehilangan minat dalam pembelajaran matematika. Sehingga, perlu adanya pengembangan kemampuan berpikir kritis untuk meningkatkan pemahaman konsep matematis siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji bagaimana berpikir kritis memiliki peran peningkatkan pemahaman konsep matematis siswa Sekolah Menengah Pertama (SMP). Systemathic Literature Review (SLR) dengan pendekatan PRISMA merupakan metode yang diterapkan pada penelitian ini. Dimana penulis mengambil sumber data berupa dokumen lain yang menjadi fokus penelitian. Sumber dokumen tersebut dicari melalui berbagai website kemudian dihimpun dan disesuaikan dengan kriteria inklusi juga eksklusi untuk dianalisis keterkaitannya dengan perhatian yang difokuskan dalam penelitian. Hasil penelitian ini menunjukkan, dengan berpikir kritis siswa dapat lebih memahami konsep-konsep matematis. Kesimpulan yang dapat diambil dari penelitian ini bahwa bagi siswa Sekolah Menengah Pertama (SMP), berpikir kritis memiliki dampak yang signifikan terhadap pemahaman konsep matematis
Copyrights © 2025