TARLIM : JURNAL PENDIDIKAN AGAMA ISLAM
Vol. 8 No. 2 (2025): Tarlim : Jurnal Pendidikan Agama Islam

indonesia Ketahanan Hadis Sohih Bukhari tentang Perempuan safar tanpa mahram terhadap Illat dan Relevansinya terhadap Pendidikan Karakter: Ketahanan Hadis Sohih Bukhari tentang Perempuan safar tanpa mahram terhadap Illat dan Relevansinya terhadap Pendidikan Karakter

Nurhidayah (Unknown)
Machmudah Lailiyah (Unknown)
Ubaydi Hasbillah (Unknown)



Article Info

Publish Date
06 Sep 2025

Abstract

Di era globalisasi saat ini, perempuan semakin aktif dalam berbagai bidang kehidupan, termasuk pendidikan, pekerjaan, dan aktivitas sosial lainnya. Tidak jarang mereka melakukan perjalanan jauh tanpa pendampingan laki-laki (maḥram), yang menjadi bagian dari gaya hidup perempuan modern yang mandiri (independent women). Fenomena ini bertentangan dengan teks hadis Nabi SAW yang melarang perempuan melakukan safar tanpa maḥram, sebagaimana terdapat dalam sejumlah riwayat, termasuk dalam Ṣaḥīḥ al-Bukhārī. Hadis tersebut telah menjadi diskursus panjang di kalangan ulama, baik dari aspek fikih maupun kritik hadis, terutama dalam konteks modern yang menuntut reinterpretasi berbasis maqāṣid dan realitas sosial. Dalam konteks pendidikan karakter, fenomena safar perempuan tanpa maḥram penting dikaji karena menyangkut aspek moralitas, tanggung jawab, kemandirian, serta kemampuan perempuan dalam menjaga diri dan etika perjalanan. Lebih dari itu, hadis safar perempuan juga mengandung indikasi ‘illah berupa ziyādah al-thiqah, yang membuka peluang untuk dikaji ulang melalui pendekatan kritik sanad dan matan. Maka dari itu, penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan implementasi pendidikan karakter dalam hadis safar perempuan tanpa maḥram serta menganalisis ketahanan Ṣaḥīḥ al-Bukhārī terhadap indikasi ‘illah tersebut. Penelitian ini menggunakan metode library research dengan teknik takhrīj, kritik sanad, dan kritik matan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pendidikan karakter memiliki keterkaitan erat dengan hadis safar perempuan, khususnya dalam aspek moral, etika, dan tanggung jawab perempuan. Meskipun hadis ini diriwayatkan oleh Ṣaḥīḥ al-Bukhārī dan terindikasi mengandung ‘illah berupa ziyādah al-thiqah, namun indikasi ini tidak bersifat qāḍiḥah (melemahkan hadis), sehingga tidak menggugurkan kehujahan hadis tersebut dalam konteks penguatan nilai-nilai karakter perempuan.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

TARLIM

Publisher

Subject

Religion Humanities Education

Description

Jurnal Pendidikan Agama Islam yang diterbitkan oleh Universitas Muhammadiyah Jember dikelola oleh Prodi Pendidikan Agama Islam, memuat tema-tema yang membahas tentang : Pembelajaran Pendidikan Islam (Learning of Islamic Education), Manajemen Pendidikan Islam (Management of Islamic Education), ...