Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana kemampuan penalaran matematis siswa SMP dalam menyelesaikan masalah Literasi Numerasi berdasarkan gaya belajar. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan metode deskriptif. Subjek penelitian ini sebanyak 6 orang siswa dari kelas VIII SMPN 33 Makassar Tahun Ajaran 2022/2023. Penelitian ini berfokus pada kemampuan penalaran dengan menggunakan intrumen berupa angket gaya belajar, soal tes kemampuan penalaran matematis, dan pedoman wawancara. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Siswa dengan gaya belajar visual dapat memenuhi empat indikator kemampuan penalaran matematis yaitu memberikan dugaan, melakukan manipulasi matematika, menyusun bukti atau memberikan alasan dan menarik kesimpulan pada soal analisis. Sementara pada soal evaluasi hanya dapat memenuhi satu indikator saja yaitu mengajukan dugaan siswa tidak mampu dalam memberikan kesimpulan dengan benar. (2) Siswa dengan gaya belajar auditori memiliki kemampuan penalaran matematis cenderung sama dengan gaya belajar visual. (3) Siswa dengan gaya belajar kinestetik dapat memenuhi tiga indikator kemampuan penalaran matematis yaitu memberikan dugaan, melakukan manipulasi matematika, menyusun bukti atau memberikan alasan namun pada indikator menarik kesimpulan pada soal analisis kurang tepat dalam menarik kesimpulan karena keliru dalam menginterpretasi soal. Tetapi pada penyelesaian soal evaluasi memenuhi indikator mengajukan dugaan dan menarik kesimpulan jawaban dengan benar, karena sudah mampu memberikan alasan atau bukti yang logis.
Copyrights © 2025