Kemampuan berpikir geometri dalam memecahkan masalah merupakan kemampuan dasar yang sangat krusial dimiliki oleh mahasiswa pada mata kuliah geometri dasar. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis tingkat berpikir geometri mahasiswa pada mata kuliah geometri dasar materi bangun ruang dalam pemecahan masalah berdasarkan teori Van Hiele. Penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Penelitian ini dilakukan di Jurusan Matematika, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Universitas Negeri Makassar pada semester genap tahun 2024/2025. Subjek dalam penelitian ini adalah mahasiswa Jurusan Matematika yang sedang memprogramkan mata kuliah geometri dasar dan diambil sebanyak 3 orang yaitu mahasiswa dengan kemampuan matematika tinggi, mahasiswa dengan kemampuan matematika sedang, dan mahasiswa dengan kemampuan matematika rendah. Teknik sampling yang digunakan adalah purposive sampling dengan menetapkan kriteria untuk memilih subjek penelitian. Data dikumpulkan melalui tes tertulis dan wawancara. Selanjutnya data dianalisis secara kualitatif dengan reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil yang didapatkan pada penelitian yaitu mahasiswa dengan kemampuan matematika tinggi memenuhi tingkatan pengenalan, analisis, pengurutan, pra deduksi dan pra rigor. Selanjutnya mahasiswa dengan kemampuan matematika sedang mencapai tingkatan pengenalan, analisis, dan pra pengurutan. Sedangkan mahasiswa dengan kemampuan matematika rendah mencapai tingkatan pengenalan dan pra analisis.
Copyrights © 2025