Penelitian ini bertujuan untuk meengetahui pengaruh penggunaan model pembelajaran SQ3R (survey, question, read, recite, review) terhadap kemampuan berpikir historis peserta didik mata pelajaran sejarah pada materi proses masuk dan berkembangnya hindu-buddha di kelas x.4 sman 3 kabupaten tangerang. Metode penelitian yang digunakan Dalam penelitian adalah metode kuantitatif dengan desain pra-eksperimen kuantitatif dengan desain one-group Pretest-Posttest. Yang terdiri dari berbagai proses saat pembelajaran berlangsung: Pretest,pemberian perlakuan model SQ3R dalam pembelajaran, Posttest. Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan yang telah dipaparkan pada Bab IV, maka dapat ditarik kesimpulan dari penelitian ini, yaitu terdapat pengaruh yang signifikan antara model pembelajaran SQ3R (Survey, Question, Read, Recite, Review) terhadap kemampuan berpikir historis peserta didik mata pelajaran sejarah pada materi proses masuk dan berkembangnya Hindu-Buddha di kelas X.4 SMAN 3 Kabupaten Tangerang. Hal tersebut dapat dibuktikan dari hasil pengujian hipootesis melalui Uji Wilcoxon Signed Rank Test, jika hasil pengujian sig-2tailed < 0,05 maka terdapat pengaruh. Setelah dilakuakn Uji Wilcoxon Signed Rank Test mendapatkan hasil taraf sig-2tailed -001 < 0,05. Kemudian, selisish dari rata-rata Pretest dan Posttest mencapai angka 32,9 dengan demikian dapat diartikan bahwa ada peningkatan kemampuan berpikir historis peserta didik melalui hasil intrumen tes yang sesusi dengan indikator berpikir historis.
Copyrights © 2025