J-CEKI
Vol. 4 No. 6: Oktober 2025

Penerapan Model Snowball Throwing untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa pada Pembelajaran IPAS di Kelas IV SDN 10 Mengkendek

Rantekada, Rasika (Unknown)
Hakpantria, Hakpantria (Unknown)
Trivena, Trivena (Unknown)



Article Info

Publish Date
06 Oct 2025

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi efektivitas penerapan model pembelajaran Snowball Throwing dalam meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam dan Sosial (IPAS) kelas IV di SDN 10 Mengkendek. Permasalahan utama yang diangkat adalah rendahnya pencapaian hasil belajar siswa yang belum mencapai ketuntasan minimal yang ditetapkan sekolah. Untuk itu, digunakan pendekatan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilaksanakan dalam dua siklus. Setiap siklus terdiri dari tahapan perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi, dan refleksi. Instrumen penelitian mencakup lembar observasi aktivitas guru dan siswa, serta tes hasil belajar yang diberikan pada akhir setiap siklus. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan signifikan dalam ketuntasan belajar siswa. Pada siklus I, tingkat ketuntasan siswa baru mencapai 63%, yang berada di bawah target ketuntasan 85%. Setelah dilakukan perbaikan pada siklus II, ketuntasan meningkat menjadi 89%, menunjukkan keberhasilan intervensi pembelajaran dengan model Snowball Throwing. Berdasarkan hasil tersebut, disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran Snowball Throwing mampu meningkatkan partisipasi aktif siswa, memperkuat pemahaman konsep, dan secara signifikan meningkatkan hasil belajar IPAS siswa kelas IV di SDN 10 Mengkendek. Penelitian ini memberikan kontribusi praktis bagi guru dalam merancang strategi pembelajaran yang kolaboratif dan partisipatif di jenjang sekolah dasar.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

J-CEKI

Publisher

Subject

Humanities Social Sciences

Description

J-CEKI : Jurnal Cendekia Ilmiah diterbitkan oleh CV. ULIL ALBAB CORP. J-CEKI terbit 6 kali dalam setahun atau tiap 2 bulan sekali. J-CEKI menerbitkan artikel bidang Humaniora dan Ilmu Sosial. Humaniora: Bahasa dan Linguistik, Sejarah, Sastra, Seni Pertunjukan, Filsafat, Agama, Seni Rupa. Ilmu ...