Edu Society: Jurnal Pendidikan, Ilmu Sosial dan Pengabdian Kepada Masyarakat
Vol. 5 No. 2 (2025): June-September 2025

Manajemen Kegiatan Agama Perspektif Surat Al-Ashr (Studi Kasus di Rumah Tahanan Indonesia)

Irhamni, Bq Risqi (Unknown)
Iman, Nurul (Unknown)
Syukroni, Azid (Unknown)



Article Info

Publish Date
30 Sep 2025

Abstract

Penelitian ini mengkaji peran strategis manajemen kegiatan keagamaan berbasis nilai-nilai Surat Al Ashr dalam pembinaan spiritual warga binaan di Rumah Tahanan Indonesia. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan proses perencanaan, pengorganisasian, pelaksanaan, dan pengawasan kegiatan keagamaan yang berorientasi pada peningkatan keimanan dan pembentukan akhlak warga binaan. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan studi kasus. Data dikumpulkan melalui observasi langsung terhadap kegiatan keagamaan, wawancara mendalam dengan pihak pengelola, ustadz pembimbing, dan warga binaan, serta dokumentasi pendukung. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kegiatan keagamaan, seperti shalat berjamaah, kajian tafsir, bimbingan Al-Qur’an, dan penyuluhan rohani, telah dilaksanakan secara terencana dan terorganisir. Nilai-nilai yang terkandung dalam Surat Al Ashr, iman, amal shalih, saling menasihati dalam kebenaran, dan saling menasihati dalam kesabaran menjadi landasan utama dalam setiap tahapan manajemen kegiatan. Implementasi nilai-nilai ini terbukti efektif dalam membangun kesadaran spiritual, memperkuat karakter religius, serta mendorong perubahan perilaku warga binaan menuju arah yang lebih baik. Penelitian ini diharapkan dapat menjadi rujukan bagi pengembangan manajemen kegiatan keagamaan berbasis nilai-nilai Qur’ani di lembaga pemasyarakatan.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

edusociety

Publisher

Subject

Education Social Sciences Other

Description

The focus of the Edu Society: Journal of Education, Social Sciences, and Community Service is on various problems in the fields of Education, Social Sciences and Community Service, both as material objects and as formal objects. We invite scientists, academics, researchers, practitioners and ...