Tujuan Penelitian ini untuk mengetahui sejauhmana tingkat kepercayaan masyarakat Kota Padangsidempuan terhadap kinerja kepolisian dan untuk mengetahui bagaimana strategi komunikasi yang dilakukan Polres Kota Padangsidempuan dalam menigkatkan kepercayaan masyarakat terhadap kinerja kepolisian. Jenis penelitian yang dilakukan adalah pendekatan kualitatif, pengambilan sampel sumber data dilakukan secara purposive dan snowball, teknik pengumpulan dengan tri anggulasi (gabungan), analisis data bersifat induktif atau kualitatif, dan hasil penelitian kualitatif lebih menekankan makna dari pada generalisasi. Adapun hasil penelitian adalah Meskipun anggapan masyarakat terhadap Kepolisian tidak terlalu baik namun hasil survey menunjukkan bahwa persepsi masyarakat terhadap Kepolisian masih dapat dikatakan baik. Hal itu dilihat dari jawaban yanag diberikan oleh masyarakat ketika ditanyakan mengenai persepsi mereka terhadap kepolisian, dari 20 informan yang menjawab sangat baik tujuh orang, menjawab baik enam orang, menjawab cukup baik empat orang, ini berarti sebanyak 17 orang dikategorikan memiliki persepsi yang baik terhadap kepolisian, sementara yang menjawab kurang dan buruk hanya tiga orang. Strategi yang dilakukan oleh pihak Polres Kota Padangsidimpuan dalam meningkatkan kepercayaan masyarakat terhadap kinerja kepolisian, antara lain menerapkan slogan PRESISI agar kepolisian dapat lebih ramah dalam melayani, cepat dalam menanggapi keluhan rakyat, dan lebih humanis
Copyrights © 2024