JURNAL MUQODDIMAH : Jurnal Ilmu Sosial, Politik dan Hummaniora
Vol 9, No 2 (2025): Mei 2025

Pengaruh Layanan Kerendahan Hati Terhadap Kepuasan Nasabah Bank Sulutgo Cabang Utama Manado

Onibala, Nancy (Unknown)
Ali, Khaidir (Unknown)
Memah, Herke (Unknown)
Saleleng, Pinkan (Unknown)



Article Info

Publish Date
03 Aug 2025

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan bentuk realisasi layanan kerendahan hati Bank SulutGo terhadap nasabahnya dan selanjutnya menjelaskan bagaimana pengaruh layanan kerendahan hati Bank SulutGo terhadap kepuasan nasabah. Layanan kerendahan hati adalah layanan yang disertai dengan rasa tulus, hormat, dan mampu berbagi dengan tidak memonopoli penghargaan. Jenis penelitian menggunakan metode kuantitatif dengan pengujian hipotesis melalui metode regresi linear berganda, dan menggunakan alat analisis SPSS versi 26. Populasi penelitian adalah seluruh nasabah Bank SulutGo yang bertransaksi di cabang utama, dengan sampel penelitian berjumlah 44 orang yang dipilih secara accidental/haphazard sampling. Hasil penelitian menunjukkan bahwa layanan kerendahan hati secara bersama-sama mempengaruhi kepuasan pelanggan sebesar 51,8% dan ternyata keinginan tulus untuk melayani (X1), jika tidak disertai dengan sikap menghormati orang lain (X2) dan sikap berbagi dengan tidak memonopoli penghargaan (X3), tidak berpengaruh terhadap kepuasan pelanggan

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

muqoddimah

Publisher

Subject

Arts Humanities Education Environmental Science Law, Crime, Criminology & Criminal Justice Social Sciences

Description

Jurnal Ilmiah Muqoddimah merupakan kumpulan penelitian ilmiah tentang Ilmu Sosial, khususnya yang berhubungan dengan disiplin Ilmu Sosial, Politik, Administrasi dan Humaniora, diterbitkan oleh Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Muhammadiyah Tapanuli Selatan, tujuan pengembangan jurnal ...