Aplikasi TikTok berkembang secara luas dengan ditandai banyak pengguna media sosial TikTok di berbagai kalangan usia. Aplikasi TikTok dimanfaatkan oleh setiap pengguna sebagai hiburan dan kepuasan jati diri dari hasil pujian, tanggapan dan pengakuan khalayak masyarakat. Penggunaan media sosial TikTok memusatkan pada penggunanya dimana pengguna bebas mengekspresikan diri. Hal ini menarik untuk dikaji apa yang membentuk konsep diri pada penggunanya yaitu khusus kalangan mahasiswa/i Pendidikan Sosiologi di Universitas Sultan Ageng Tirtayasa. Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui bagaimana individu menyesuaikan konsep diri berdasarkan konstruksi yang berlaku di masyarakat dan melihat bagaimana media sosial TikTok memengaruhi konsep diri individu. Teknik penelitian menggunakan desain fenomenologi serta teknik pengumpulan data dengan cara observasi dan wawancara mendalam. Teknik pemilihan informan menggunakan teknik purposive. Hasil penelitian didapatkan terdapat pengembangan konsep diri atas tindakan, pikiran (mind), diri (self), dan masyarakat (society) mahasiswa/i dalam penggunaan media sosial TikTok melalui proses adaptasi dan imitasi. Sehingga pembentukkan identitas diri menghasilkan produk (konten video TiKTok) sebagai terwujudnya refleksi atas diri mahasiwa/i dan refleksi masyarakat terhadap diri mahasiswa/i Pendidikan Sosiologi. Secara tidak langsung, media sosial TikTok memengaruhi pembentukkan konsep diri mahasiswa/i Pendidikan Sosiologi.Kata kunci: Konsep Diri, Media Sosial, TikTokÂ
Copyrights © 2023