Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kemampuan public speaking terhadap peningkatan keterampilan komunikasi interpersonal mahasiswa Fakultas Ilmu Sosial Universitas Islam Negeri Sumatera Utara (UINSU). Public speaking menjadi keterampilan penting di era modern, khususnya dalam dunia akademik dan sosial. Kemampuan berbicara di depan umum yang baik tidak hanya menunjukkan penguasaan materi dan keberanian, tetapi juga mencerminkan kualitas komunikasi interpersonal seseorang. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode survei yang disebarkan kepada mahasiswa aktif semester 6 dari empat program studi yang ada di Fakultas Ilmu Sosial UINSU. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui kuesioner tertutup dan terbuka yang mengukur dua variabel utama, yaitu kemampuan public speaking dan keterampilan komunikasi interpersonal. Hasil penelitian diharapkan mampu menjelaskan seberapa besar pengaruh kemampuan public speaking terhadap keterampilan komunikasi interpersonal dan memberikan rekomendasi dalam pengembangan kurikulum berbasis soft skill di perguruan tinggi
Copyrights © 2025