Chemedu: Jurnal Ilmiah Pendidikan Kimia
Vol 6, No 2 (2025)

Pengaruh Mind Mapping dalam Model Discovery Learning terhadap Hasil Belajar Peserta Didik Kelas XI MIPA SMA Negeri 10 Bulukumba (Studi pada Materi Pokok Termokimia)

Herawati, Netti (Unknown)
Auliah, Army (Unknown)
Haryanti, Wa Ode Novi (Unknown)



Article Info

Publish Date
03 Sep 2025

Abstract

ABSTRAK Penelitian eksperimen semu ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh Mind Mapping dalam model Discovery Learning terhadap hasil belajar peserta didik kelas XI MIPA SMA Negeri 10 Bulukumba pada materi termokimia. Desain penelitian yang digunakan adalah post-test only control group design. Populasi adalah peserta didik kelas XI MIPA SMA Negeri 10 Bulukumba yang terdiri dari empat kelas. Pengambilan sampel dilakukan secara acak.Pengumpulan data dilakukan dengan cara pemberian tes akhir hasil belajar pada kelompok kontrol dan kelompok eksperimen. Analisis data dilakukan dengan menggunakan statistik deskriptif dan inferensial. Rata-rata hasil belajar peserta didik pada kelas control dan eksperimen berturut turut sebesar 70,33 dan 75,40. Uji hipotesis menggunakan uji Mann-Whitney menunjukkan bahwa nilai Zhitung(α = 0,05) = 1,73 dan > Ztabel = 1,64. Berdasarkan data tersebut menunjukkan bahwa H1 diterima dan H0 ditolak sehingga dapat disimpulkan Mind Mapping dalam model Discovery Learning berpengaruh terhadap hasil belajar peserta didik kelas XI MIPA SMA Negeri 10 Bulukumba pada materi termokimia. ABSTRACT This quasi-experimental research aims to determine the effect of Mind Mapping in Discovery Learning model toward students learning achievements in Class XI MIPA SMA Negeri 10 Bulukumba on Subject Matter of Thermochemistry. The research design used is the posttest only control group design. The population is student of class XI MIPA SMA Negeri 10 Bulukumba consisting of four classes. Sampling was carried out randomly. So that the class XI MIPA 1 was obtained as an control group and the class XI MIPA 2 was obtained as an experimental group consisting of 21 and 22 people respectively. Data collection was performed using descriptive statistics and inferential statistics. The average’s value of students learning achievements in control group is 70,33 and experiment group is 75,40. Hypothesis testing using the Mann-Whitney test, for learning achievements obtained Zcount = 1,73 and at a significant level α = 0,05 obtained Ztabel = 1,64. Based on the this data it can be concluded that there was an effect of Mind Mapping in Discovery Learning model toward students learning achievements in Class XI MIPA SMA Negeri 10 Bulukumba on Subject Matter of Thermochemistry.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

ChemEdu

Publisher

Subject

Chemistry Education Other

Description

Jurnal Chemedu merupakan wadah untuk bertukar informasi ilmiah mengenai ilmu pendidikan kimia yang meliputi perkembangan teori, media dan metode pembelajaran dari hasil penelitian, telaah pustaka, opini, makalah teknis dan kajian ...