ABSTRAK Penelitian ini adalah penelitian eksperimen semu yang bertujuan untuk mengetahui ada tidaknya pengaruh multimedia interaktif berbasis appypie pada model discovery learning terhadap hasil belajar peserta didik kelas XI MIA SMAN 4 Makassar. Variabel bebas penelitian ini adalah multimedia interaktif berbasis appypie pada model discovery learning sedangkan variabel terikatnya adalah hasil belajar peserta didik pada materi pokok asam-basa. Populasinya yaitu seluruh peserta didik kelas XI MIA SMAN 4 Makassar sebanyak 6 kelas, sedangkan sampelnya adalah kelas XI MIA 6 sebagai kelompok eksperimen dengan jumlah peserta didik 35 orang dan kelas XI MIA 5 sebagai kelompok kontrol dengan jumlah peserta didik 36 orang. Data hasil penelitian diperoleh dengan memberikan tes hasil belajar pada materi pokok asam basa berupa post test. Teknik analisis data dilakukan dengan menggunakan statistik deskriptif dan statistik inferensial. Hasil analisis statistik inferensial menujukkan bahwa data tidak terdistribusi normal dan homogen, sehingga uji hipotesis yang digunakan yaitu uji Mann-Whitney (uji non parametrik) diperoleh nilai Zhitung > Ztabel (2,02 > 1,69) pada taraf signifikan α = 0,05. Hal tersebut menunjukkan bahwa multimedia interaktif berbasis appypie pada model discovery learning berpengaruh terhadap hasil belajar peserta didik kelas XI MIA SMAN 4 Makassar pada materi pokok asam-basa. ABSTRACT This research was quasi-experimental that aimed to know the effect of interactive multimedia based appypie on discovery learning model toward student’s learning achievement class XI MIA SMAN 4 Makassar. The interactive multimedia based appypie on discovery learning model as independent variable and result of the students on basic material of acid bases as dependent variable. The population of this research was all students class XI MIA SMAN 4 Makassar that consist of six classes. Class XI MIA 6 was an experiment group that consist of 35 students and class XI MIA 5 was a control group that consist of 36 students. The data of the research was obtained by the study results test on basic material of acid bases for post test. Data were analysed using descriptive statistics and inferential statistics. The result of inferential statistical analysis shows that the data was not normally distributed and homogeneous so that the hypothesis test used test by Mann-Whitney (non-parametric statistical test) was done with Zhitung > Ztabel (2,02 > 1,67) and significance level α = 0,05. It shows that there was the effect of interactive multimedia based appypie on discovery learning model toward learning’s achievement of students class XI MIA SMAN 4 Makassar on basic material of acid bases.
Copyrights © 2025