JURNAL EDUCATION AND DEVELOPMENT
Vol 13 No 3 (2025): Vol 13 No 3 September 2025

IMPLEMENTASI KEBIJAKAN TENTANG PARTISIPASI PRAJURIT TNI DALAM UNITED NATIONS STAFF OFFICER COURSE

Kusuma Sumedi, Arvie Prima (Unknown)
Prakoso, Lukman Yudho (Unknown)
A.R, Deni Dadang (Unknown)



Article Info

Publish Date
15 Sep 2025

Abstract

United Nations Staff Officer Course merupakan kursus yang ditujukan untuk melatih prajurit TNI yang akan menjadi Staf yang bertugas di bawah bendera PBB. Penyelenggaraannya merupakan kerjasama antara PMPP TNI dengan Global Peace Operations Initiative (GPOI) Amerika Serikat. Idealnya, kursus ini diikuti oleh prajurit TNI yang akan diberangkatkan penugasan atau yang telah kembali dari penugasan, namun kenyataannya banyak peserta yang diikutkan bukan prajurit TNI yang akan diberangkatkan penugasan PBB sehingga penyelenggaraan kursus kurang optimal. Oleh karena itu, penelitian ini akan membahas tentang implementasi kebijakan tentang partisipasi prajurit TNI dalam United Nations Staff Officer Course yang diselenggarakan oleh Pusat Misi Pemeliharaan Perdamaian (PMPP) TNI. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis bagaimana kebijakan ini diimplementasikan dan dievaluasi untuk meningkatkan kapabilitas prajurit TNI dalam misi pemeliharaan perdamaian internasional. Dengan menggunakan metode deskriptif kualitatif, penelitian ini mengidentifikasi beberapa tantangan dalam implementasi kebijakan, termasuk belum adanya kebijakan tentang pelaksanaan kursus dan mekanisme partisipasi prajurit untuk mengikuti United Nations Staff Officer Course, dan kurangnya koordinasi antar instansi di dalam TNI dalam mempersiapkan peserta pelatihan sehingga peserta tidak sesuai dengan kriteria yang diinginkan. Hasil penelitian ini merekomendasikan pembuatan kebijakan terkait partisipasi prajurit dalam United Nations Staff Officer Course dan peningkatan sinergi antar matra TNI untuk mempersiapkan pasukan penjaga perdamaian yang lebih kompeten dan memenuhi standar yang telah ditetapkan oleh PBB.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

ED

Publisher

Subject

Agriculture, Biological Sciences & Forestry Arts Humanities Computer Science & IT Education Languange, Linguistic, Communication & Media

Description

Jurnal Education and Development merupakan publikasi karya ilmiah dari hasil penelitian, pendidikan dan pengembangan ilmu pengetahuan, baik sosial, budaya dan lingkungan. Sebagai upaya untuk mewujudkan visi dan misi di Perguruan Tinggi. Jurnal Education and development mewadahi hasil pemikiran dan ...