JURNAL EDUCATION AND DEVELOPMENT
Vol 13 No 3 (2025): Vol 13 No 3 September 2025

HUBUNGAN PERHATIAN ORANG TUA TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA KELAS IV SDN PORIS PELAWAD 4

Nuraeni, Eni (Unknown)
Saputri, Rahmawati Eka (Unknown)
Mawardi, Mawardi (Unknown)



Article Info

Publish Date
15 Sep 2025

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis hubungan antara perhatian orang tua dan prestasi belajar siswa kelas IV di SDN Poris Plawad 4, Kota Tangerang. Dengan menggunakan pendekatan kuantitatif, populasi penelitian terdiri dari 57 siswa, yang dibagi menjadi 29 siswa kelas 4 A dan 28 siswa kelas 4 B. Hasil analisis menunjukkan nilai Rhitung untuk nilai harian (0,909), PTS (0,814), dan PAS (0,925), yang semuanya menunjukkan hubungan yang sangat kuat antara perhatian orang tua dan prestasi belajar, karena Rhitung > Rtabel. Uji t menghasilkan nilai t sebesar 21,673 dengan skor signifikansi 0,000, yang menunjukkan bahwa hubungan ini signifikan secara statistik. Persamaan regresi yang dihasilkan adalah: Prestasi Belajar = 72,748 + (0,087 × Perhatian Orang Tua). Koefisien determinasi (R²) sebesar 0,315 mengindikasikan bahwa perhatian orang tua hanya mampu menjelaskan 9,92% variasi prestasi belajar siswa. Hasil ini menekankan pentingnya perhatian orang tua dalam mendukung prestasi akademik, meskipun faktor lain juga berperan penting dalam proses belajar siswa.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

ED

Publisher

Subject

Agriculture, Biological Sciences & Forestry Arts Humanities Computer Science & IT Education Languange, Linguistic, Communication & Media

Description

Jurnal Education and Development merupakan publikasi karya ilmiah dari hasil penelitian, pendidikan dan pengembangan ilmu pengetahuan, baik sosial, budaya dan lingkungan. Sebagai upaya untuk mewujudkan visi dan misi di Perguruan Tinggi. Jurnal Education and development mewadahi hasil pemikiran dan ...