Pendidikan anak usia dini mengenalkan pengetahuan dasar dan mengasah kemampuan musikal melalui kegiatan seperti bermain alat musik dan menyanyi. Kegiatan bermain pianika sebagai metode yang dapat melatih fokus anak-anak pada satu kegiatan dan sekaligus mengatasi kekurangan dalam kecerdasan musikal. Fokus penelitian ini adalah penerapan kegiatan bermain pianika dalam menstimulasi kecerdasan musikal usia 5-6 tahun di Nobel Playgroup & Kindergarten. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian kualitatif deskriptif. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini yaitu observasi, wawancara, dan dokumentasi. Sumber data penelitian ini yaitu kepala sekolah, guru kelas, guru musik dan anak di Nobel Playgroup & Kindergarten. Pengecekan keabsahan data dilakukan dengan triangulasi sumber dan metode. Teknik analisis data penelitian ini yaitu reduksi, penyajian data, dan kesimpulan. Hasil penelitian penerapan kegiatan bermain pianika dalam menstimulasi kecerdasan musikal di Nobel Playgroup & Kindergarten usia 5-6 tahun, dalam kegiatan ini mencakup beberapa tahapan penerapan kegiatan bermain pianika yang diawali dengan penyusunan perangkat pembelajaran, penyediaan guru musik, serta ketersediaan sarana dan prasarana yang memadai. Frekuensi dan durasi kegiatan bermain pianika dilakukan satu kali dalam satu pekan dengan durasi satu jam. Keterlibatan guru dalam kegiatan ini tampak melalui pendampingan saat anak bermain pianika dan pemberian motivasi berupa kalimat pujian. Seain itu, stimulasi kecerdasan musikal dilakukan melalui pengamatan terhadap kecerdasan musikal anak selama kegiatan berlangsung.
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2025