Pembelajaran matematika pada materi volume kubus dan balok dikelas III masih menghadapi kendala dalam hal pemahaman konsep yang abstrak. Siswa kesulitan memvisualisasikan konsep volume tanpa bantuan media pembelajaran yang konkret. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan alat peraga kubus satuan yang valid, praktis, dan efektif untuk meningkatkan pemahaman siswa terhadap konsep volume kubus dan balok di kelas III MIS NU Metro Utara. Penelitian ini menggunakan metode ADDIE (Analysis, Design, Delevoment, Implementation, Evaluation). Subjek penelitian adalah siswa kelas III C, intrumen penelitian meliputi lembar validasi ahli dan lembar observasi akivitas siswa. Alat peraga kubus satuan yang dikembangkan terbukti valid, praktis, dan efektif untuk meningkatkan pemahaman siswa terhadap konsep volume kubus dan balok. Peningkatan pemahaman siswa ditunjukan dengan rata-rata skor pre-test 59,1 meningkat menjadi 95,8 pada post-test. Kemampuan siswa penggunaan alat peraga kubus satuan dengan memberikan dampak positif terhadap proses pembelajaran matematika pada siswa kelas III C MIS NU Metro Utara mengarahkan kegiatan dengan jelas, membimbing siswa secara aktif dalam menciptakan suasana belajar yang menyenangkan, bermakna dan meningkatan motivasi intrinsik untuk belajar matematika
Copyrights © 2025