P2M STKIP Siliwangi
Vol 4, No 1 (2017): Volume 4, No. 1 Mei 2017

ANALISIS BAHASA INGGRIS DAN PEDAGOGIS NOVEL TEEN LIT SEBAGAI BAHAN PENDAMPING MATA KULIAH TRANSLATING DAN LITERATURE

Cynantia Rachmijati (STKIP Siliwangi)
Anita Anggraeni (STKIP Siliwangi)



Article Info

Publish Date
31 May 2017

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui jumlah & tipe campur kode kata dan aspek pedagogis pada novel genre chick-lit, Aviredie karya Alline, Grow Up! karya Sucia Ramadhani, Pertama Kalinya! karya Sitta Karina dkk,  dan Oppa and I karya Orizuka & Lia Indra dan novel genre lad-lit, Hidden Agenda karya Jacob Julian, Marmut Merah Jambu karya Raditya Dika, School of Chemistry karya Al Dhimas. Metode penelitian adalah pendekatan kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa umumnya teen-lit tersebut mengandung lebih banyak ungkapan outer code mixing (Bahasa Inggris) dibandingkan dengan inner code mixing (Bahasa Indonesia informal), serta umumnya mengandung aspek pedagogis yaitu sosial, budaya dan moral. Ungkapan inner code mixing lebih sedikit ditemukan, demikian juga dengan aspek pedagogis dalam bentuk moral. Novel yang paling banyak mengandung ungkapan dalam bahasa Inggris adalah novel School Chemistry dan Pertama kalinya!. Bagi para pendidik terutama guru Bahasa Inggris, novel teen-lit ini dapat digunakan sebagai salah satu bahan ajar namun sebaiknya penggunaannya didampingi agar manfaatnya lebih positif dan penggunaan ungkapan bahasa Inggrisnya lebih efektif.Kata kunci: analisis, bahasa Inggris, aspek pedagogis, teen lit

Copyrights © 2017