Inovasi Pendidikan Fisika
Vol. 14 No. 2 (2025): Volume 14 Nomor 2 Tahun 2025

Efektivitas Penggunaan Media E-Book Berbasis Sets Topik Jalur Sluis Surabaya Dalam Menumbuhkan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa SMA Materi Fluida Statis

Haq, Muhammad Izzul (Unknown)
Sucahyo, Imam (Unknown)



Article Info

Publish Date
17 Sep 2025

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis tingkat efektivitas e-book berbasis Science, Environment, Technology, and Society (SETS) untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis peserta didik pada materi Fisika Fluida Statis. Penelitian dengan jenis penelitian pengembangan Research and Development (R&D) menggunakan desain pengembangan ADDIE (Analyze, Design, Development, Implementation, dan Evaluate). Pada tahap Implementasi ini menggunakan penelitian pra-eksperimental. desain pretest-posttest satu kelompok. Pengumpulan data menggunakan purposive sampling di salah satu Sekolah Menegah Atas Negeri di Kota Surabaya kelas XI sebanyak 37 peserta didik sebagai sampel data. efektivitas e-book berbasis SETS memperoleh skor 94,59 % masuk dalam kategori efektif. E-book berbasis berbasis pada materi fluida statistic dapat meningkatkan kemampuan berpikir kritis peserta didik dengan peningkatan N-gain <g> kategori rendah sejumlah 2 siswa, kategori sedang sejumlah 23 siswa, dan kategori tinggi sejumlah 12 siswa.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

inovasi-pendidikan-fisika

Publisher

Subject

Education Physics Social Sciences

Description

Jurnal Inovasi Pendidikan Fisika menerbitkan artikel hasil penelitian di bidang pendidikan fisika meliputi bidang Filsafat dan Kurikulum, Inovasi Pembelajaran, Media Pembelajaran dan Evaluasi Pembelajaran. Jurnal Inovasi Pendidikan Fisika diterbitkan secara berkala oleh Program Studi Pendidikan ...