Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis tingkat efektivitas e-book berbasis Science, Environment, Technology, and Society (SETS) untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis peserta didik pada materi Fisika Fluida Statis. Penelitian dengan jenis penelitian pengembangan Research and Development (R&D) menggunakan desain pengembangan ADDIE (Analyze, Design, Development, Implementation, dan Evaluate). Pada tahap Implementasi ini menggunakan penelitian pra-eksperimental. desain pretest-posttest satu kelompok. Pengumpulan data menggunakan purposive sampling di salah satu Sekolah Menegah Atas Negeri di Kota Surabaya kelas XI sebanyak 37 peserta didik sebagai sampel data. efektivitas e-book berbasis SETS memperoleh skor 94,59 % masuk dalam kategori efektif. E-book berbasis berbasis pada materi fluida statistic dapat meningkatkan kemampuan berpikir kritis peserta didik dengan peningkatan N-gain  kategori rendah sejumlah 2 siswa, kategori sedang sejumlah 23 siswa, dan kategori tinggi sejumlah 12 siswa.
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2025