Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya keterampilan membaca siswa kelas I SDN 1 Linggasirna. Hal ini dibuktikan dengan nilai rata-rata keterampilan membaca siswa yang masih di bawah Kriteria Ketercapaian Tujuan Pembelajaran (KKTP), yaitu sebesar 77,5. Rendahnya keterampilan membaca ini disebabkan oleh penggunaan metode pembelajaran konvensional yang kurang menarik serta minimnya penggunaan media pembelajaran yang sesuai dengan karakteristik anak usia dini. Salah satu media pembelajaran yang diterapkan untuk mengatasi permasalahan tersebut adalah media permainan Lingkaran Baca. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh dari media pembelajaran permainan Lingkaran Baca terhadap keterampilan membaca siswa kelas I SDN 1 Linggasirna. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode pre-eksperimental. Jenis penelitian yang digunakan adalah One-Group Pretest-Posttest Design. Teknik pengambilan sampel menggunakan purposive sampling dengan jumlah sampel sebanyak 21 siswa kelas I. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui observasi, wawancara, dan tes. Data dianalisis menggunakan uji statistik Paired Sample T-Test. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat peningkatan signifikan pada keterampilan membaca siswa setelah penerapan media permainan Lingkaran Baca. Nilai rata-rata pre-test sebesar 44,52 meningkat menjadi 89,28 pada post-test. Hasil uji hipotesis menunjukkan nilai signifikansi sebesar 0,00 yang lebih kecil dari taraf signifikansi 0,05 (0,000 0,05), yang berarti Ho ditolak dan Ha diterima. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh dan efektivitas penggunaan media pembelajaran permainan Lingkaran Baca terhadap keterampilan membaca siswa kelas I SDN 1 Linggasirna.
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2025