CARONG: Jurnal Pendidikan, Sosial dan Humaniora
Vol. 2 No. 3 (2025): Juli: Education and Community

Peran Dinas Kesehatan Kota Banda Aceh dalam Kesling terhadap Penyakit HIV di Kota Banda Aceh

Reza Kurnia (Unknown)
Nada Nur Kamaria (Unknown)
Muhammad Haikal (Unknown)
Kurniati (Unknown)
Fiska Amelia (Unknown)



Article Info

Publish Date
15 Aug 2025

Abstract

Prevalensi kasus HIV dan AIDS di Provinsi Aceh tahun 2020 pada laki- laki 79% dan perempuan 21%. Provinsi Aceh tahun 2021 tercatat ada 155 kasus baru yang positif HIV/AIDS. Angka itu diperoleh dari hasil skrining HIV pada 43.120 orang di provinsi paling ujung barat Sumatra itu. Hasilnya ditemukan 155 kasus baru yang positif HIV/AIDS. Dari angka itu, yang HIV ada 100 orang dan yang positif AIDS ada sebanyak 55 orang. Berdasarkan Laporan SIHA Triwulan I Tahun 2022, Nanggroe Aceh Darussalam (NAD) peringkat ke-17 di antara provinsi-provinsi di Indonesia dengan prevalensi HIV/AIDS tertinggi. Prevalensi HIV/AIDS di Nanggroe Aceh Darussalam mencapai 12.495 kasus. Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif berupa penjelasan gambaran terkait fenomena-fenomena yang terjadi di Kota Banda Aceh berdasarkan sumber data sekunder berasal dari data Dinas Kesehatan kota Banda Aceh. Dinkes Banda Aceh telah menjalankan kebijakan komprehensif: edukasi, skrining, ARV, konseling, serta pendampingan kolaboratif. Namun, kenaikan kasus menuntut perluasan layanan seperti CBS, jalur PrEP yang lebih mudah, serta skrining rutin di tingkat kecamatan. Permenkes No. 23/2022 memberikan payung hukum nasional untuk memperluas Inovasi seperti CBS dan PrEP. Dinkes harus memastikan implementasi penuh di daerah  

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

carong

Publisher

Subject

Religion Computer Science & IT Decision Sciences, Operations Research & Management Economics, Econometrics & Finance Social Sciences

Description

CARONG: Jurnal Pendidikan, Sosial dan Humaniora menerbitkan artikel bidang: (1) Pendidikan: Pendidikan dan Pembelajaran, Pendidikan Karakter, Pendidikan Inklusi, Kurikulum Pendidikan. (2) Sosial: Ekonomi, Sosiologi, Psikologi, Sosial, Budaya, Antropologi. (3) Humaniora: Sastra, Sejarah, Bahasa, ...