Pendekar : Jurnal Pendidikan Berkarakter
Vol 8, No 3 (2025): September

Efektifitas Media Pembelajaran Audio-Visual Berbasis Kinemaster pada Materi Muthala’ah Kelas 2 KMI di Pondok Modern

Sujatmiko, M. (Unknown)
Ritonga, Arip Rachman (Unknown)
Kamila, Faizah (Unknown)



Article Info

Publish Date
05 Sep 2025

Abstract

Abstract: This study aims to determine the effectiveness of Kinemaster-based audiovisual media on the learning outcomes of Muthala’ah material among second-grade students at Pondok Modern Arrisalah, Slahung, Ponorogo. The method used was an experimental design with a pretest-posttest control group. The research instruments included observation, interviews, questionnaires, tests, and documentation. The normality test was conducted using the Liliefors test at a 5% significance level (L table = 0.19). The results showed that the L count for the control group (0.14) and the experimental group (0.15) was smaller than the L table, indicating that the data from both groups were normally distributed. In addition, the homogeneity test used the F-test with a 5% significance level (F table = 2.16). The result showed that F count = 0.23 and F table = 2.16; since F count is smaller than F table, the data from the control and experimental groups are considered homogeneous. The t-test analysis showed a significant difference in learning outcomes between the experimental and control groups, with average scores of 7.5 and 6.45, respectively. The hypothesis test yielded a significance value (Sig. 2-tailed) of 0.02 < 0.05, thus H₀ is rejected and Hₐ is accepted. Therefore, the use of Kinemaster-based audiovisual learning media is effective in improving students' learning outcomes in Muthala’ah at Pondok Modern Arrisalah.Abstrak: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas media audiovisual berbasis Kinemaster terhadap hasil belajar materi Muthala’ah siswa kelas 2 di Pondok Modern Arrisalah, Slahung, Ponorogo. Metode yang digunakan adalah eksperimen dengan desain pretest-posttest control group. Instrumen penelitian meliputi observasi, wawancara, angket, tes, dan dokumentasi. Uji normalitas dilakukan menggunakan uji Liliefors pada taraf signifikansi 5% (L tabel = 0,19). Hasil menunjukkan bahwa nilai L hitung pada kelompok kontrol (0,14) dan eksperimen (0,15) lebih kecil dari L tabel, sehingga data kedua kelompok berdistribusi normal. Selain itu, untuk uji homogenitas peneliti menggunakan uji F dengan batas signifikansi 5% (F tabel = 2,16). Diperoleh F hitung = 0,23 dan F tabel = 2,16. Karena F hitung lebih kecil dari F tabel, maka kelompok kontrol dan kelompok eksperimen homogen. Hasil analisis menggunakan uji-t menunjukkan perbedaan yang signifikan antara hasil belajar kelompok eksperimen dan kontrol, dengan nilai rata-rata masing-masing 7,5 dan 6,45. Uji hipotesis menghasilkan nilai signifikansi (Sig. 2-tailed) sebesar 0,02 < 0,05, sehingga H₀ ditolak dan Hₐ diterima. Dengan demikian, penggunaan media pembelajaran audiovisual berbasis Kinemaster efektif dalam meningkatkan hasil belajar Muthala’ah siswa di Pondok Modern Arrisalah.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

pendekar

Publisher

Subject

Education

Description

Pendekar : Jurnal Pendidikan Berkarakter adalah jurnal yang dikelola oleh Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) Universitas Muhammadiyah Mataram (UMMAT) yang secara khusus menerbitkan hasil penelitian dosen, mahasiswa semester akhir termasuk guru sekolah maupun kegiatan penelitian ilmiah ...