Pendekar : Jurnal Pendidikan Berkarakter
Vol 8, No 3 (2025): September

Pengembangan Media Pembelajaran Aplikasi Android untuk Meningkatkan Kemampuan Literasi Sains Siswa pada Pembelajaran IPA

Pamungkhas, Haqqy Sriealam (Unknown)
Supeno, Supeno (Unknown)
Ridlo, Zainur Rasyid (Unknown)



Article Info

Publish Date
30 Sep 2025

Abstract

Abstract: Science learning is the process of acquiring knowledge about natural phenomena through observation and discovery to shape students' scientific thinking. Science literacy is important because it encompasses the ability to understand science concepts, apply the scientific method, as well as think critically and analytically in solving problems. This type of research is Research and Development (R&D). This research uses the ADDIE to develop learning media in the form of an Android application. This media aims to improve the science literacy of junior high school students on the topic of motion and forces. Data were collected through validation questionnaires, student response questionnaires, implementation sheets, and science literacy tests. The analysis technique in this research uses qualitative descriptive analysis techniques. The results show that the media is very valid (91%), very practical (87%), and quite effective with an N-Gain of 0.64. Student responses were also very good (84%). Thus, this Android-based learning media is worthy of use and effective in improving the science literacy of junior high school students.Abstrak: Pembelajaran sains adalah proses memperoleh pengetahuan tentang fenomena alam melalui observasi dan penemuan untuk membentuk pola pikir ilmiah siswa. Literasi sains penting karena mencakup kemampuan memahami konsep IPA, menerapkan metode ilmiah, serta berpikir kritis dan analitis dalam memecahkan masalah. Jenis penelitian ini adalah Research & Development (R&D. Penelitian ini menggunakan model ADDIE untuk mengembangkan media pembelajaran berupa aplikasi Android. Media ini bertujuan meningkatkan literasi sains siswa SMP pada materi gerak dan gaya. Data dikumpulkan melalui angket validasi, angket respon siswa, lembar implementasi, dan tes literasi sains. Teknik analisis dalam penelitian ini menggunakan teknik analisis deskriptif kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan media sangat valid (91%), sangat praktis (87%), dan cukup efektif dengan N-Gain 0,64. Respon siswa juga sangat baik (84%). Dengan demikian, media pembelajaran berbasis Android ini layak digunakan dan efektif dalam meningkatkan literasi sains siswa SMP.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

pendekar

Publisher

Subject

Education

Description

Pendekar : Jurnal Pendidikan Berkarakter adalah jurnal yang dikelola oleh Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) Universitas Muhammadiyah Mataram (UMMAT) yang secara khusus menerbitkan hasil penelitian dosen, mahasiswa semester akhir termasuk guru sekolah maupun kegiatan penelitian ilmiah ...