P2M STKIP Siliwangi
Vol 4, No 1 (2017): Volume 4, No. 1 Mei 2017

PENERAPAN PROGRAM PENDIDIKAN GIZI UNTUK MENINGKATKAN PENGETAHUAN GIZI GURU DAN APLIKASI PENDIDIKAN GIZI UNTUK ANAK USIA DINI (Studi Kuasi Eksperimen pada Guru-Guru PAUD di Kota Cimahi dan Bandung Barat)

Komala Komala (STKIP Siliwangi)
Siti Khodijah (STKIP Siliwangi)



Article Info

Publish Date
31 May 2017

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan pengetahuan gizi guru, sehingga guru dapat mengaplikasikan pendidikan gizi untuk anak usia dini dengan menerapkan program pendidikan gizi berupa diklat dan pelatihan gizi bagi guru-guru Pendidikan Anak Usia Dini. Metode penelitian ini adalah metode Quasi Eksperimen, dengan berbentuk Non Equivalent Control Group Design. Gambaran secara umum pendidikan anak usia dini baru terbatas pada pembiasaan makan selingan pada bekal makanan anak, mewarnai gambar buah-buahan. Pendidikan gizi yang diberikan anak belum meluas pada area pembelajaran lainnya. Hasil pretest yang dilakukan terhadap pengetahuan gizi guru, untuk kelompok kontrol dan kelompok eksperimen yang hampir sama yaitu berturut-turut rata-rata sebesar 20,49dan rata-rata 20,41. Setelah dilakukan program pada kedua kelompok, yakni kelompok eksperimen menggunakan program pendidikan gizi, dankelompok kontrol menggunakan program konvensional, dilakukan postest dan untuk kelompok eksperimen diperoleh nilai rata-rata sebesar 29,13 dengan standar deviasi 1,22. Sedangkan untuk hasil postest kelompok kontrol diperoleh nilai rata-rata Pengetahuan Gizi Guru sebesar 25,10 dengan standar deviasi 2,29. Artinya, program pendidikan gizi dapat meningkatkan pengetahuan gizi guru. Ini berarti terdapat perbedaan peningkatan Aplikasi Pendidikan Gizi guru yang signifikan antara guru memperoleh kegiatan dengan program pendidikan gizi dengan guru yang memperoleh program konvensional. Rata-rata peningkatan Aplikasi Pendidikan Gizi guru pada eksperimen yaitu 30,97 lebih besar dibandingkan kelompok kontrol sebesar 20,28, selisih perbedaan tersebut sebesar 10,69.  Hal ini menunjukkan bahwa peningkatan Aplikasi Pendidikan Gizi guru yang memperoleh program pendidikan gizi lebih baik dibandingkan dengan guru yang memperoleh program konvensional. Kata Kunci: Pengetahuan gizi, aplikasi gizi dan pendidikan anak usia

Copyrights © 2017