Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kemampuan pemahaman konsep siswa dalam menyelesaikan soal matematika pada materi pecahan pada siswa yang berkemampuan tinggi, sedang dan rendah. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif deskriptif. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini berupa tes pemahaman konsep matematika, wawancara dan dokumentasi. Dalam menentukan subjek, peneliti memilih 3 siswa berdasarkan hasil tes, yaitu 1 siswa dengan kemampuan tinggi, 1 siswa dengan kemampuan sedang dan 1 siswa dengan kemampuan rendah untuk diwawancara. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa, siswa dengan kemampuan tinggi dari kelima indikator, ia mampu menyelesaikannya dengan baik dan tepat, namun ada sedikit kekurangan, yaitu ia belum mampu memberi non contoh pecahan yang senilai dari pecahan . Siswa dengan kemampuan sedang, ia mampu menyelesaikan kelima indikator dengan baik, namun belum maksimal. Dimana ia belum mampu menyatakan keterangan sebagai konsep dari gambar pecahan yang telah dibuat, serta jawabannya belum lengkap dalam mengurutkan pecahan dan memberi contoh dan non contoh pecahan senilai dari pecahan . Siswa dengan kemampuan rendah dari kelima indikator, ia hanya mampu menyelesaikan dua indikator, yaitu ia mampu menyajikan gambar pecahan tetapi belum mampu menyatakan ulang konsep dari gambar pecahan yang dibuat serta dalam mengurutkan pecahan, jawabannya terbalik dimana ia mengurutkan pecahan dari terbesar keterkecil.
Copyrights © 2025