Penelitian ini membahas tentang pengembangan bahan ajar berupa modul pembelajaran berbasis STEM pada pokok bahasan pola bilangan. Penelitian bertujuan (1) untuk mengetahui proses pengembangan Modul pembelajaran berbasis STEM dalam meningkatkan pemahaman konsep matematis siswa, dan (2) untuk mengetahui kevalidan serta kepraktisan dari modul pembelajaran berbasis STEM. Jenis penelitian yang digunakan adalah Research & Development (R&D). Model pengembangan yang digunakan adalah ADDIE yang terdiri dari beberapa tahap yaitu analysis, design, development, implementation, dan evaluation. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII, guru matematika SMP Negeri 1 Kandanghaur dan dosen Pendidikan Matematika Universitas Muhammadiyah Cirebon. Instrumen yang digunakan pada penelitian ini adalah lembar validasi ahli dan angket respon guru. Berdasarkan uji coba, diperoleh bahwa (1) hasil validasi materi modul adalah 3,24 berada pada kategori valid dengan interval 2.51 ≤ M < 3,25 , (2) hasil validasi ahli media adalah 2,84. dalam inteval 2,51 ≤ M< 3,25 dengan kategori valid (3) hasil respon guru adalah 78,8% berada pada kategori positif dengan interval 60%≤ ???????? < 80% dengan demikian bahan ajar memenuhi kriteria praktis (4) hasil pretest dan posttest menunjukan peningkatan dari rata-rata nilai pretest 15,8 menjadi rata-rata nilai posttest 26,8 dengan demikian modul mendukung pengembangan pemahaman konseptual (5) hasil respon siswa menunjukan nilai rata-rata 3,07 terkletak pada interval 2,51 ≤ M< 3,25 dengan kategori Baik.
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2025