Pedagogy : Jurnal Pendidikan Matematika
Vol. 10 No. 3 (2025): Pedagogy : Jurnal Pendidikan Matematika

PENGEMBANGAN MODUL PEMBELAJARAN MATEMATIKA BERBASIS STEM UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIS SISWA

Fahrizal Falakh, Akmal (Unknown)
Sumliyah, Sumliyah (Unknown)
Rohaeti, Titi (Unknown)



Article Info

Publish Date
12 Sep 2025

Abstract

Penelitian ini membahas tentang pengembangan bahan ajar berupa modul pembelajaran berbasis STEM pada pokok bahasan pola bilangan. Penelitian bertujuan (1) untuk mengetahui proses pengembangan Modul pembelajaran berbasis STEM dalam meningkatkan pemahaman konsep matematis siswa, dan (2) untuk mengetahui kevalidan serta kepraktisan dari modul pembelajaran berbasis STEM. Jenis penelitian yang digunakan adalah Research & Development (R&D). Model pengembangan yang digunakan adalah ADDIE yang terdiri dari beberapa tahap yaitu analysis, design, development, implementation, dan evaluation. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII, guru matematika SMP Negeri 1 Kandanghaur dan dosen Pendidikan Matematika Universitas Muhammadiyah Cirebon. Instrumen yang digunakan pada penelitian ini adalah lembar validasi ahli dan angket respon guru. Berdasarkan uji coba, diperoleh bahwa (1) hasil validasi materi modul adalah 3,24 berada pada kategori valid dengan interval 2.51 ≤ M < 3,25 , (2) hasil validasi ahli media adalah 2,84. dalam inteval 2,51 ≤ M< 3,25 dengan kategori valid (3) hasil respon guru adalah 78,8% berada pada kategori positif dengan interval 60%≤ ???????? < 80% dengan demikian bahan ajar memenuhi kriteria praktis (4) hasil pretest dan posttest menunjukan peningkatan dari rata-rata nilai pretest 15,8 menjadi rata-rata nilai posttest 26,8 dengan demikian modul mendukung pengembangan pemahaman konseptual (5) hasil respon siswa menunjukan nilai rata-rata 3,07 terkletak pada interval 2,51 ≤ M< 3,25 dengan kategori Baik.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

pedagogy

Publisher

Subject

Education Mathematics

Description

Jurnal ini bertujuan untuk menyediakan wadah bagi akademisi, peneliti, dan praktisi untuk menerbitkan artikel penelitiannya. Ruang lingkup artikel yang diterbitkan dalam jurnal ini membahas berbagai topik yang terkait dengan pembelajaran ...