Pedagogy : Jurnal Pendidikan Matematika
Vol. 10 No. 2 (2025): Pedagogy : Jurnal Pendidikan Matematika

KEDISIPLINAN DAN MOTIVASI KERJA TERHADAP KINERJA GURU MATEMATIKA

Patobun, Patobun (Unknown)
Alam, Syamsu (Unknown)
Taufiq, Taufiq (Unknown)
Ilyas, Muhammad (Unknown)



Article Info

Publish Date
30 Jun 2025

Abstract

Kinerja seorang guru banyak dipengaruhi berbagai elemen, baik bersifat eksternal maupun internal. Namun, dalam penelitian ini fokus utama diarahkan pada dua variabel utama, yaitu kedisiplinan dan motivasi kerja. Tujuan penelitian ini yaitu: (1) memberikan gambaran umum mengenai tingkat kedisiplinan, motivasi, dan kinerja guru di UPT SMP Negeri Kota Palopo; (2) menganalisis sejauh mana pengaruh kedisiplinan terhadap kinerja guru di satuan pendidikan tersebut; (3) menelaah dampak motivasi kerja terhadap kinerja guru; serta (4) mengevaluasi pengaruh kedisiplinan dan motivasi kerja secara simultan terhadap kinerja guru di lingkungan SMP Negeri Kota Palopo. Penelitian ini adalah penelitian ex-post facto. Populasi penelitian ini 66 guru matematika, teknik sampling yang digunakan adalah total sampling. Data dikumpulkan melalui penyebaran angket kedisiplinan, motivasi kerja, serta kinerja guru. Analisis data yang digunakan yaitu statistika deskriptif dan statistika inferensial sementara uji hipotesis menggunakan regresi ganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa secara keseluruhan, kedisiplinan, motivasi kerja, dan kinerja guru matematika di SMP Negeri Kota Palopo tergolong sangat baik. Secara rinci, temuan penelitian mengungkapkan bahwa: (1) tingkat kedisiplinan guru tergolong sangat tinggi, sebagaimana ditunjukkan oleh 84,85% responden, sementara 15,15% lainnya berada pada kategori tinggi; (2) sebesar 71,21% motivasi kerja guru tergolong sangat tinggi. dan sisanya sebesar 28,79% tergolong tinggi; serta (3) kinerja guru matematika menunjukkan hasil yang positif, di mana 68,18% kinerja guru tergolong sangat tinggi, 30,30% tergolong tinggi, dan hanya 1,52% tergolong sedang. Temuan dari analisis regresi berganda menunjukkan bahwa kedisiplinan dan motivasi kerja masing-masing berpengaruh signifikan secara parsial terhadap kinerja guru. Lebih lanjut, analisis secara simultan menunjukkan bahwa kombinasi antara kedisiplinan dan motivasi kerja mempunyai pengaruh positif yang signifikan terhadap kinerja guru. Temuan ini mengindikasikan bahwa kombinasi antara kedisiplinan yang tinggi dan motivasi kerja yang kuat memiliki peran penting dalam mendorong peningkatan profesionalisme dan efektivitas kerja guru di lingkungan UPT SMP Negeri Kota Palopo.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

pedagogy

Publisher

Subject

Education Mathematics

Description

Jurnal ini bertujuan untuk menyediakan wadah bagi akademisi, peneliti, dan praktisi untuk menerbitkan artikel penelitiannya. Ruang lingkup artikel yang diterbitkan dalam jurnal ini membahas berbagai topik yang terkait dengan pembelajaran ...