Pedagogy : Jurnal Pendidikan Matematika
Vol. 10 No. 3 (2025): Pedagogy : Jurnal Pendidikan Matematika

SYSTEMATIC LITERATURE REVIEW: ANALISIS KESALAHAN SISWA DALAM MENYELESAIKAN SOAL MATEMATIKA BERDASARKAN KRITERIA WHATSON

Suhendra, Suhendra (Unknown)
Nindiasari, Hepsi (Unknown)
Yuhana, Yuyu (Unknown)
Mutaqin, Anwar (Unknown)



Article Info

Publish Date
27 Sep 2025

Abstract

Soal matematika adalah pertanyaan atau masalah yang menguji pemahaman konsep matematika dan kemampuan siswa dalam menerapkan rumus, prosedur, dan logika untuk menemukan solusi. Soal-soal ini bisa berkaitan dengan berbagai topik matematika, mulai dari aritmetika dasar hingga topik yang lebih kompleks seperti aljabar, geometri, trigonometri, kalkulus, dan lainnya. Namun, masih terdapat kesalahan yang sering terjadi dalam menyelesaikan masalah terkait geometri, khususnya pada topik bangun ruang sisi datar. Penelitian ini bertujuan untuk melakukan kajian literatur terkait kesalahan siswa dalam menyelesaikan soal pada topik tersebut. Metode penelitian yang digunakan adalah Systematic Literature Review (SLR). Data dikumpulkan dengan mendokumentasikan dan mereview 20 artikel yang terindeks secara nasional,internasional, dan scopus. Kemudian artikel-artikel tersebut dikelompokkan ke dalam beberapa kategori. Dari hasil penelitian, terdapat 11 artikel yang membahas mengenai kesalahan siswa dalam menyelesaikan soal matematika berdasarkan kriteria Watson. Berdasarkan hasil penelitian, ditemukan bahwa masih terdapat kesalahan yang sering dilakukan oleh siswa dalam menyelesaikan soal matematika berdasarkan kriteria watson. Jenis kesalahan yang paling umum adalah kesalahan prosedural, konseptual, dan Kesimpulan akhir. Kesalahan tersebut disebabkan siswa tidak memahami konsep dasar yang mendasari langkah-langkah prosedural, seperti salah menerapkan rumus atau prinsip dasar matematika dan kesalahan dalam interpretasi hasil perhitungan, di mana siswa mungkin tidak memeriksa kembali hasilnya atau salah dalam menghubungkan hasil dengan konteks soal.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

pedagogy

Publisher

Subject

Education Mathematics

Description

Jurnal ini bertujuan untuk menyediakan wadah bagi akademisi, peneliti, dan praktisi untuk menerbitkan artikel penelitiannya. Ruang lingkup artikel yang diterbitkan dalam jurnal ini membahas berbagai topik yang terkait dengan pembelajaran ...