Pedagogy : Jurnal Pendidikan Matematika
Vol. 10 No. 4 (2025): Pedagogy : Jurnal Pendidikan Matematika

SYSTEMATIC LITERATURE RIVIEW: PENERAPAN PEMBELAJARAN BERBASIS PROJECT (PjBL) UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIKA SISWA

Rahmah, St. (Unknown)
Irmawati, Irmawati (Unknown)
Aldi Saputra (Unknown)
Revalina (Unknown)
Putri Amelia (Unknown)
Fiqri Maulana (Unknown)
Nurhayati (Unknown)



Article Info

Publish Date
05 Oct 2025

Abstract

Penelitian ini menyajikan analisis bibliometrik terhadap implementasi Project-Based Learning (PJBL) dalam meningkatkan kemampuan pemecahan masalah matematika siswa berdasarkan kajian literatur dari berbagai penelitian di Indonesia. Menggunakan pendekatan analisis konten terhadap 10 artikel ilmiah yang diterbitkan antara tahun 2016-2025, penelitian ini mengidentifikasi tren, pola, dan temuan utama terkait efektivitas PJBL dalam pembelajaran matematika. Hasil analisis menunjukkan bahwa PJBL secara konsisten memberikan dampak positif terhadap kemampuan pemecahan masalah matematis siswa di berbagai jenjang pendidikan, dengan peningkatan yang signifikan pada aspek pemahaman konsep, kreativitas, dan keterlibatan siswa. Namun, implementasi PJBL juga menghadapi tantangan seperti keterbatasan waktu, kesiapan guru, dan perlunya desain proyek yang kontekstual.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

pedagogy

Publisher

Subject

Education Mathematics

Description

Jurnal ini bertujuan untuk menyediakan wadah bagi akademisi, peneliti, dan praktisi untuk menerbitkan artikel penelitiannya. Ruang lingkup artikel yang diterbitkan dalam jurnal ini membahas berbagai topik yang terkait dengan pembelajaran ...