Kemampuan perkalian dasar merupakan fondasi krusial dalam pembelajaran matematika, namun banyak siswa sekolah dasar masih menghadapi kesulitan. Tujuan: Penelitian tindakan kelas ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan perkalian dasar siswa kelas IV SDN Kumpulrejo 2 Kecamatan Parengan-Tuban melalui penerapan teknik drill yang bervariasi. Subjek penelitian adalah siswa kelas IV SDN Kumpulrejo II. Hasil: Data dikumpulkan melalui wawancara dengan guru dan siswa, observasi, serta tes hasil belajar. Hasil wawancara awal menunjukkan bahwa siswa masih kesulitan dalam perkalian, cenderung menggunakan hafalan atau penjumlahan berulang, dan belum memahami konsep perkalian yang benar, khususnya perkalian bersusun. Hasil tes awal juga mengonfirmasi bahwa sebagian besar siswa menggunakan penjumlahan berulang, beberapa mencoba perkalian bersusun namun hasilnya tidak tepat, dan sebagian lainnya belum menguasai perkalian sama sekali. Kesimpulan:Teknik drill bervariasi diharapkan dapat menjadi solusi efektif untuk mengatasi permasalahan ini. Penelitian ini akan dilaksanakan dalam beberapa siklus, dengan setiap siklus meliputi perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi, dan refleksi.
Copyrights © 2025