Konsep pembelajaran adaptif menawarkan proses belajar yang melihat kemampuan pemahamanmahasiswa. Pembelajaran adaptif pada umumnya lebih dititikberatkan untuk proses ujian yangdikenal dengan istilah ujian adaptif menggunakan komputer (computer adaptive test, CAT;computer-based test, CBT). Disini, urutan soal yang dikerjakan mahasiswa berbeda antara satumahasiswa dengan yang lain sesuai dengan kemampuan mengerjakan soal oleh mahasiswa.Tingkat kesulitan soal yang diberikan atau dimunculkan oleh komputer bervariasi untuk setiapmahasiswa sesuai dengan skor yang dihasilkan dari jawaban sebelumnya. Pada penelitian iniakan menerapkan konsep pembelajaran adaptif yang diterapkan pada urutan pemberian suatubahan ajar yaitu sub-pokok bahasan kepada mahasiswa. Sub-pokok bahasan disini adalah yangbersifat pengayaan atau sub-pokok bahasan lanjutan, karena pokok bahasan pengantar ataupemahaman dasar masih diberikan secara seragam untuk seluruh mahasiswa. Urutan bahan ajaryang bersifat pengayaan diberikan secara adaptif mengikuti tingkat penerimaan mahasiswaterhadap pokok bahasan sebelumnya. Melalui model pembelajaran ini diharapkan mahasiswadapat menguasai pengetahuan dasar mata kuliah Grafika Komputer dan menguasai pokokbahasan lanjutan atau pengembangan secara lebih baik sesuai dengan kemampuan penalarannya.Pokok bahasan yang dipilih disini adalah clipping menggunakan algoritma Cohen-Sutherland.Kata Kunci: computer adaptive test, adaptive learning, algoritma cohen-sutherland
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2016