Indonesian Journal of Learning and Educational Studies
Vol. 3 No. 1 (2025): Indonesian Journal of Learning and Educational Studies

Pembelajaran Bahasa Indonesia Berbasis Proyek: Tantangan, Peluang, dan Dampaknya di Sekolah Dasar

Untari, Tunjung Dwi (Unknown)
Rohmadi, Muh. (Unknown)
Suhita, Raheni (Unknown)
Suryanto, Edy (Unknown)



Article Info

Publish Date
27 Sep 2025

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji efektivitas strategi pembelajaran Bahasa Indonesia berbasis proyek dalam meningkatkan motivasi belajar, keterampilan berbahasa, dan kompetensi sosial siswa sekolah dasar. Metode penelitian yang digunakan meliputi wawancara, observasi, dan dokumentasi di beberapa sekolah dasar. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pembelajaran berbasis proyek secara signifikan mampu merangsang minat dan motivasi siswa dalam belajar, serta meningkatkan keterampilan berbahasa secara praktis, khususnya dalam bidang menulis, berbicara, dan komunikasi interpersonal. Selain itu, pendekatan ini juga memperkuat kompetensi sosial siswa melalui kegiatan kolaboratif. Namun, terdapat beberapa tantangan yang harus dihadapi, seperti keterbatasan waktu pelaksanaan proyek, kesiapan guru, dan ketersediaan sumber daya pembelajaran yang memadai. Implikasi praktis dari penelitian ini menegaskan pentingnya integrasi pembelajaran berbasis proyek secara sistematis dalam kurikulum Bahasa Indonesia untuk menciptakan pembelajaran yang inovatif, bermakna, dan relevan dengan kebutuhan siswa masa kini.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

ijles

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Mathematics Social Sciences Other

Description

Indonesian Journal of Learning and Educational Studies is a multi-disciplinary, peer-refereed, and academic journal creating a forum for the publication of critical research on learning and education studies. This journal is published by Piramida Akademi with the online ISSN 3021-8780. The journal ...