Tujuan penelitian ini adalah untuk mendesain dan mengembangkan media pembelajaran Pecahan Tahu (PETA) sebagai media pembelajaran inovatif untuk materi operasi perkalian bilangan pecahan. Tahap model penelitian pengembangan mengikuti model ADDIE, yang meliputi: mengidentifikasi kebutuhan akan media pembelajaran yang interaktif (analysis), merancang blueprint media pembelajaran magnetik yang memvisualisasikan konsep perkalian pecahan (design), merealisasikan desain menjadi produk fisik PETA (development), menerapkan media pembelajaran dalam kegiatan belajar mengajar (implementation), dan mengevaluasi hasil penggunaan media pembelajaran (evaluation). Berdasarkan hasil penelitian, media pembelajaran PETA dinyatakan sangat valid dan layak digunakan menurut penilaian ahli media dan ahli materi. Keunggulan utama desain PETA terletak pada kemampuannya sebagai media tunggal yang dapat memvisualisasikan operasi perkalian bilangan pecahan secara konkret dan interaktif melalui manipulatif magnet. Hal ini mengubah pembelajaran dari sekadar menghafal rumus menjadi memahami konsep secara mendalam. Hasil implementasi menunjukkan bahwa media pembelajaran PETA berhasil didesain dan merupakan media yang potensial untuk membantu mengatasi kesulitan belajar peserta didik pada materi perkalian bilangan pecahan. Perlunya pengembangan lebih lanjut untuk menciptakan versi digital dari media pembelajaran ini guna menyesuaikan dengan tren pembelajaran berbasis teknologi terutama untuk improper fraction (pecahan dengan nilai pembilang yang lebih besar dari penyebut).
Copyrights © 2025