Jurnal Anak Usia Dini Holistik Integratif (AUDHI)
Vol 8, No 1 (2025)

Pengaruh Media Flash Card Dalam Mengembangkan Kosa Kata Bahasa Inggris Dasar Untuk Anak Usia Dini

Ritonga, Hajijah Adelina (Unknown)
Khadijah, Khadijah (Unknown)



Article Info

Publish Date
22 Sep 2025

Abstract

Pencapaian kemampuan kosakata Bahasa Inggris untuk anak-anak berusia 5 hingga 6 tahun merupakan aspek penting dalam konteks globalisasi yang semakin meluas. Bahasa tidak hanya berfungsi sebagai alat berkomunikasi, tetapi juga berperan penting dalam perkembangan cara berpikir, menjalin hubungan sosial, dan memahami lingkungan sekitar. Bahasa Inggris, sebagai bahasa umum dalam interaksi internasional dan budaya, merupakan kemampuan yang sebaiknya diperkenalkan sedari dini. Salah satu media pembelajaran yang dapat digunakan adalah kartu flash. Penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi pengaruh penggunaan kartu flash terhadap pengembangan kosakata dasar Bahasa Inggris pada anak-anak berusia 5 hingga 6 tahun. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah kuantitatif dengan desain quasi-eksperimental, mengaplikasikan desain pretest-posttest dua kelompok. Sampel dalam penelitian melibatkan 30 anak yang dibagi menjadi dua kelompok. Data dikumpulkan melalui berbagai metode seperti tes, observasi, dan dokumentasi. Analisis data dilakukan dengan uji homogenitas, uji normalitas, dan pengujian hipotesis menggunakan uji t sampel berpasangan. Hasil pengujian memperoleh tingkat signifikansi sebesar 0.00 (p < 0.05), yang menunjukkan adanya pengaruh yang signifikan dari penggunaan kartu flash terhadap keterampilan kosakata dasar Bahasa Inggris anak. Sebelum intervensi, rata-rata keterampilan kosakata anak tercatat pada angka 8.7; setelah intervensi, rata-rata skor meningkat menjadi 22.4. Temuan penelitian menunjukkan bahwa penggunaan kartu flash memiliki pengaruh signifikan terhadap peningkatan kosakata dasar Bahasa Inggris anak-anak di Yayasan Pendidikan RA Al Wardah

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

AUDHI

Publisher

Subject

Education

Description

Jurnal Anak Usia Dini Holistik Integratif (AUDHI) merupakan jurnal ilmiah yang dikelola oleh PG PAUD Fakultas Psikologi dan Pendidikan Universitas Al Azhar Indonesia menggunakan platform pengelolaan jurnal ilmiah secara online, yaitu Open Journal System (OJS). Jurnal AUDHI memuat naskah di bidang ...